Gaung Literasi Santri dalam Catatan Kalender Pandemi dan Eksistensi tanpa Batas (bagian 3 habis)

Dari Agenda Pekan Literasi Nuris 2020 hingga Ratusan Karya Sastra Santri Siap Terbit Tahun 2021

Pesantren Nuris – Para siswa di lembaga SMA dan MTs Unggulan Nuris juga tak mau ketinggalan dalam memeriahkan Pekan Literasi Nuris 2020 kali ini. Mereka juga turut serta aktif dan partisipatif mengikuti berbagai perlombaan literasi yang sudah disiapkan masing-masin lembaga tersebut yakni, pada tanggal 26 dan 28 November 2020 pekan lalu.

Untuk lembaga SMA Nuris Jember, para siswa bisa mengikuti kategori lomba cipta puisi, menulis cerpen, dan news reading. Sementara itu, para siswa di MTs Unggulan Nuris bisa mengikuti 2 kategori lomba yakni, cipta puisi dan menulis cerpen yang dibedakan lagi kelas putra dan putri.

Para siswa di kedua lembaga tersebut tak hanya sekadar berkreasi, tetapi juga berupaya menggaungkan literasi santri meski di tengah terpaan badai pandemi covid-19. Kebetulan Pekan Literasi Nuris 2020 ini bertema “Menghidupkan Literasi Santri, Membangun Negeri menuju Peradaban Tinggi”. Jadi, momentum ini sangat tepat menunjukkan kiprah santri atas dedikasinya.

Adapun peraih juara ajang literasi santri dari lembaga SMA Nuris Jember yakni, Aisah Nur Azizah sebgai juara 1 cipta puisi; Ryan Eka Putra sebagai juara 2 cipta puisi; dan Agus Mutawakkil sebagai juara 3 cipta puisi. Pada cabang lomba menulis cerpen berikut para juaranya: Tazyinatul Ilmiah sebagai juara1; Wilda Indana Lazulfa sebagai juara 2; dan Kayla Athaya Tifani sebagai juara 3.

(baca juga: Gandrung Melarung Mendung, Tali Jiwa Santri dan Literasi)

Peraih juara kategori news reading di lembaga SMA Nuris Jember yakni, Riska Dwi Cahyanti sebagai juara 1; Asila Ulin Nuha sebagai juara 2; dan Salsabila Ainur Rifda sebagai juara 3. Kak Ira selaku juri lomba news reading menyatakan, “Penampilan anak-anak luar biasa sudah setara lah ya dengan anchor profesional. Sukses selalu buat mereka yang telah berani berkreasi meski pandemi begini.”

Peraih juara lomba di ajang Pekan Literasi Nuris 2020 dari lembaga MTs Unggulan Nuris yakni, Moh. Daeng Rawi Kusuma W. sebagai juara 1 cipta puisi putra; Sultan Sahd Ibnu Khomein sebagai juara 2 cipta puisi putra; dan Muhammad Ilham Mu’iz sebagai juara 3 cipta puisi putra.

(baca juga: Akidah Masyitah, Puisi Juara 1 Nasional Karya Siswa SMA Nuris Jember di Ajang ISEF UNAIR Surabaya)

Kategori menulis cerpen putra para juaranya adalah Mochammad Hasbi sebagai juara 1; Salma Al Farisy sebagai juara 2; dan Bima Bactiar sebagai juara 3. Pelajar putri MTs Unggulan Nuris juga tak kalah, peraih juara cipta puisi di antaranya, Khairunnisa Prameswari sebagai juara 1; Cinta Haghea Sofie Swardana sebagai juara 2; dan Adila Rahmania sebagai juara 3.

Nama-nama peraih juara menulis cerpen putri MTs Unggulan Nuris yakni, Safinatur Rohmaniah sebagai juara 1; Afkarina Nadhifah sebagai juara 2; dan Salsabila Septiani Aziz sebagai juara 3. Mereka para juara mendapat tropi dan piagam yang langsung diserahkan oleh sturktural lembaga masing-masing.[AF.Red]

peraih juara menulis cerpen putri di MTs Unggulan Nuris
peraih juara cipta puisi putri MTs Unggulan Nuris
peraih juara cipta puisi putra MTs Unggulan Nuris
peraih juara menulis cerpen putra MTs Unggulan Nuris

    

Related Post