Tips Liburan Aman Masa Pandemi Ala Santri

Penulis: Deli Annisa Virca*

Assalamualaikum sahabat santri, bagaimana kabarnya? Semoga selalu baik ya sahabat! Liburan telah tiba nih, liburan adalah hal yang paling ditunggu – tunggu oleh setiap orang baik dari kalangan pelajar, mahasiswa hingga pekerja kantoran.

Mengapa tidak, karena dengan liburan kita dapat mengistirahatkan diri setelah sekian lamanya penat beraktivitas. Definisi liburan sendiri adalah saat dimana kita berhenti sejenak untuk memanjakan diri baik secara lahir maupun bathin dari kepadatan rutinitas sehari – hari.

Namun, tidak sedikit orang yang berpemikiran “liburan berarti jalan – jalan”. Dari sisi pertama, pemikiran seperti ini  memang cocok mengingat definisi liburan itu sendiri. Namun, tidak sedikit pula orang yang memiliki pemikiran “jalan – jalan hanya menghabiskan uang saja” karena memang jalan – jalan identik dengan dunia fantasi dan dunia wisata yang jalan masuknya pasti berbayar. Apalagi saat ini kita masih dihebohkan dengan adanya wabah covid-19 yang mengharuskan kita untuk tetap tinggal di rumah.

(Baca juga: tips agar wangi parfummu tahan lama)

Menyebalkan memang namun, kita bisa mengakalinya dengan cara liburan seru, kantong utuh, aman di rumah saja. Bagaimana sih maksudnya?

Jadi, ketika liburan tiba dan kita ingin berwisata sedangkan uang di kantong meronta – ronta. Kita bisa tetap berwisata dengan memilih tempat wisata terdekat, dan tentunya murah tidak perlu muluk – muluk misalnya saja, pantai terdekat yang hanya membayar parkir, aneka pameran, taman bunga atau taman kota yang diperuntukkan siapa saja. Kita juga bisa mengunjungi pusat perbelanjaan sekedar mencuci mata dengan melihat barang – barang trendy, atau hanya ngopi santai bersama teman – teman.

Namun, berhubung covid-19 masih berkeliaran kita bisa mengisi waktu liburan di rumah dengan bercengkrama bersama keluarga sambil menonton film atau sekedar minum teh bersama. Karena aktifitas masing – masing di hari – hari biasa membuat moment seperti ini sangat sulit didapatkan. Selain itu, kita juga bisa mengisi liburan dengan benah – benah rumah.

(Baca juga: tips merawat wajah secara alami)

Dalam artian, sedikit merenovasi beberapa posisi benda di rumah untuk memunculkan nuansa baru sekaligus bersih – bersih tepatnya. Dalam mengisi liburan yang bertema “di rumah saja” ini kita juga bisa menekuni hobi yang memungkinkan untuk dikerjakan di dalam rumah seperti melukis, menyanyi, membuat kerajinan, menonton, menulis, memasak atau  hanya rebahan semata.

Jika diniatkan dan mumpung waktu liburan, dengan hobi – hobi itu kita juga bisa berpenghasilan lho. misalnya menulis, dengan mengirim tulisan di konten – konten tertentu yang mungkin dibutuhkan oleh sebuah website di internet, membuat channel youtube dan mengisinya dengan membuat vlog berisi tips – tips dengan hobi menyanyi yang tentunya dibekali dengan sifat ceriwis kita, atau membuat kue yang bisa kita jual di sekitar rumah kita.

Banyak hal memang yang menurut kita menyebalkan. Tapi ternyata ketika dilirik dari sisi lainnya hal menyebalkan tersebut berubah menjadi hal menarik dan seru untuk dicoba. Hal ini membuat kita bisa lebih dewasa menghadapi sesuatu.

Membuat kita belajar tidak menilai suatu hal apapun dari satu sisi saja. Karena masih banyak sudut pandang yang perlu kita ketahui ketika kita ingin berbuat apapun, di manapun dan kapanpun. Dan yang terpenting, kita harus selalu bersyukur dan menikmati setiap detik yang akan atau telah kita lalui. Selamat mencoba berlibur “di rumah saja” sahabat.

Namun jika memang ingin keluar rumah, pastikan menggunakan kendaraan pribadi, memakai masker, dan jangan lupa bawa handsanitizer ya sahabat. [Red.Dev]

Sumber gambar: haibunda.com

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post