Gunakan Live Streaming, Wisuda Kitab dan Tahfidz Ke 5 Lembaga MTs dan MA Unggulan Nuris Berjalan Lancar

Mulai Hadrah Hingga Syarhil Ditampilkan dalam Acara Wisuda Kitab dan Tahfid Ke 5

Pesantren Nuris- Tak hanya lembaga SMP, SMA dan SMK Nuris Jember, lembaga MTs dan MA Unggulan Nuris juga melaksanakan wisuda kitab dan tahfid ke 5. Yakni pada Senin, 14 Desember 2020 lalu. Kegiatan ini dilaksanakan di masjid Baitul Nur, dan berlangsung pada pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB. Selain wisuda, acara juga ditambahkan dengan pemberian penghargaan bagi siswa berprestasi.

Sama halnya dengan lembaga SMP, SMA dan SMK Nuris Jember sehari sebelumnya, wisuda kali ini dilakukan melalui streaming di youtube Nuris yakni Chanel Nuris. Karena pandemic covid 19, wali santri tidak diperkenankan memasuki area wisuda, maka wali santri menyaksikan di ruangan tententu melalui live straming.

(Baca juga: gelar wisuda kitab dan tahfid ke 5, pesantren nuris jember terapkan protocol kesehatan ketat)

Sedangkan para wisudawan/wisudawati berada di masjid Baitun Nur Nuris, tentunya dengan mematuhi protocol kesehatan ketat seperti mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak, dan menggunakan face shield bagi para pengisi acara.

Wisudawan/wisudawati adalah siswa-siswi kelas IX MTs Unggulan Nuris dan kelas XII MA Unggulan Nuris yang berhasil menghafal kitab kuning, dan Al Quran. Wisudawan/wisudawati dibagi menjadi beberapa paket disesuaikan dengan pencapaian hafalan mereka.

Acara dibuka oleh penampilan hadrah Ashabul Muhyi Nuris yang menyanyikan dua hingga tiga lagu, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC utama, lalu dilanjutkan dengan tawasul oleh Gus Rahmatullah Rijal, Sos. Setelah itu penampilan syarhil quran oleh grup ekstrakurikuler keagamaan dari MA Unggulan Nuris yang membawakan tema lingkungan hidup.

(Baca juga: wisuda pengokohan tanggung jawab bukan purna)

Penampilan syarhil quran di sambut hangat oleh para peserta wisuda, mereka merasa sangat terhibur dan tentu saja mendapat ilmu dari tema yang disampaikan.

Acara selanjutnya sambutan oleh Gus Robith Qoshidi, Lc, Dalam sambutannya beliau berkata di Pesantren Nuris Jember santri diharuskan untuk mengikuti setiap kegiatan yang ada yang jadwalnya begitu padat sehingga menjadikan santri Nuris memiliki banyak potensi. Dan setiap potensi yang dimiliki oleh santri akan diberikan wadah untuk diasah dan dikembangkan. Baik dalam ilmu agama, sains, seni, olahraga, bahasa, jurnalistik dan lain-lain.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pemutaran video prestasi dan pemberian penghargaan bagi siswa berprestasi MTs dan MA Unggulan Nuris. Acara kemudian dilanjutkan dengan tausiyah syaikhul ma’had Nuris KH. Muhyiddin Abdussomad. Beliau berpesan untuk para santri supaya dapat selalu berbakti dan membantu orang tua selama di rumah, beliau juga berpesan agar para santri tidak saling mengunjungi, kecuali didampingi oleh orangtuanya.

Kemudian barulah acara wisuda tahfidz dan kitab, dipandu oleh MC para wisudawan/wisudawati berjalan satu persatu untuk prosesi pemindahan pita oleh Gus Robith Qoshidi, Lc, namun tanpa bersalaman melainkan hanya menangkupkan kedua tangan ke dada.

Meski di tengah pandemic, acara wisuda tahfidz dan kitab ke 5 Pesantren Nuris Jember berjalan lancar dan haru. Baru setelah wisuda selesai, para santri diperkenankan oleh pulang bersama wali santri masing-masing. [Red.Dev]

Live Streaming Acara Wisuda Melalui Youtube Chanel Nuris
Arak-arakan sebelum menuju ke Masjid Baitun Nur
Related Post