Terpilih jadi Ketua Umum KMNU UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Alumni Nuris ini Siap Berkhidmat

Ingin Jadikan KMNU sebagai Kiblat Organisasi Mahasiswa Soal Program Keagamaan, Tradisi, dan Sosial

Pesantren Nuris – Alumni Nuris ini menunjukkan integritas yang cukup tinggi ketika merantau ke tanah Yogyakarta. Tak hanya sekadar kuliah di kampus impian, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN Suka), kin dia juga didapuk sebagai ketua umum Komunitas Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) di kampus tersebut. Bagaimana kiprahnya, hayukkk kepoin!!!

Mohammad Ikhlasul Amalil Khoiri, lulusan MA Unggulan Nuris, jurusan PK 1, tahun 2018 lalu dikenal sebagai sosok yang militan dan orator ulung. Meraih impian studi perguruan tinggi di UIN Suka Yogyakarta menjadi kebanggaan tersendiri. Konon, dia pun lolos jalur SPAN-PTKIN pada jurusan Perbandingan Mazhab.

Perjalanan studinya terbilang berjalan seirama sesuai dengan harapannya. “Saya dilahirkan dalam keluarga dan lingkungan yang tak jauh dari tradisi-tradisi keislaman. Saya tinggal di negara hukum sehingga saya harus paham soal produk manusia tersebut. Semua itu dipelajari dalam studi saya.” Tutur pemuda kelahiran Jember, 14 September 2000 tersebut.

(baca juga: Gaya Orasi Bung Karno ala Santri Nuris Juarai LOmba Pidato Tingkat Kabupaten Jember)

Dengan semangat belajar dan suka mencari wawasan melalui kegiatan organisasi, dia aktif berkegiatan di KMNU UIN Suka Yogyakarta. Berbagai kiprah yang dijalani sejak awal kuliah di kota gudek hingga kini Ikhlasul, sapaan akrabnya, dipercaya sebagai pemimpin di organisasi tersebut.

Berawal dari Mubes (Musyawarah Besar) ke-6 KMNU UIN Suka Yogyakarta pada tanggal 09 sd. 10 Januari 2021 di Pendopo Yayasan LKiS Sorowajan Yogyakarta, lelaki yang ingin menjadi pengusaha tersebut menjadi salah satu calon ketua umum bersama dua calon lainnya.

“Saya tidak menyangka bisa terpilih dan diamanahi sebagai pemimpin di KMNU ini. Awalnya para calon ketua umum diasingkan dari lokasi Mubes, setelah musyawarah selesai, tiba-tiba pembacaan keputusan oleh demisioner bahwa saya didapuk sebagai ketua umum KMNU tersebut. Ya kaget bercampur haru.” Tukas Ikhlasul.

(baca juga: Aktif di PMII Semasa Kuliah, Alumni Nuris Kini Bekerja di PT POS Indonesia)

“Saya kira di KMNU searah dengan visi saya sebagai organisasi yang mempertahankan tradisi sosial-budaya dalam nafas keislaman. Ini cara saya berkhidmat pada NU dengan visi profesional, berakhlakul karimah, dan berintelektual tinggi. Dan misi saya adalah memberikan pemahaman terkait passion anggota supaya mampu menempatkan diri pada tempatnya.” Imbuh mahasiswa ber-IPK 3,58 tersebut.

Pemuda asal Jelbuk, Kabupaten Jember ini berharap KMNU UIN Suka Yogyakarta menjadi kiblat organisasi keagamaan yang tetap mempertahankan tradisi sosial-budaya di kampus. Dia pun juga terus menimba ilmu dan pengalaman dalam mengembangkan pola pemikiran kritis dan teladan bagi segenap sivitas akademika di kampus.[AF.Red]

Nama                    : M. Ikhlasul Amalil Khoiri

Lembaga              : MA Unggulan Nuris, PK 1, tahun 2018

Kuliah                   : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Perbandingan Mazhab

Pesan dan Kesan: “Nuris tempat menempa diri, Belajar dan Berprestasi”   

Ucapan selamat dan sukes atas terpilihanya Ikhlasul sebagai Ketum KMNU UIN Suka Yogyakarta

 

Related Post