Manfaat Musik bagi Kesehatan

Penulis: Sofia Karima*

Ilmuan diluar sana telah menunjukan bahwa mendengarkan musik membuat manusia bisa mengatur emosi, dan menciptakan kebahagiaan dan relaksasi dalam kehidupan sehari-hari. Mengurangi stress. Musik sendiri juga memiliki unsur-unsur  yang bersifat menghibur Musik dapat memumpuk persatuan dan kesatuan karena musik dapat menjadi tempat  perkumpulan masyarakat. Dengan menonton pertunjukan  musik  warga akan berkumpul dan saling berkomunikasi satu sama lain. Selain itu musik dapat memperkuat tali silaturahmi.

(Baca juga: ini dia manfaat biji bunga matahari)

Dan juga musik dapat digunakan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu musik keagamaan juga bersifat menenang kan kaerena irama dan lirik nya membuat hati kita tenang. Permainan musik keagamaan biasanya ditampilkan di tempat-tempat ibadah. Seperti di majelis ilmu di pondok pesantren dan di tempat tempan lain yang merupakan tempat tempat ibadah.

(Baca juga: ini dia manfaat buah apel bagi ibu hamil)

Selain itu ada juga manfaat musik bagi siswa. Siswa juga mampu mengingat pelajaran atau hafalan dengan cepat  antara lain dilakukan dengan mengulang-ngulang. Agar tidak membosankan hafalan  dilakukan dengan cara menyanyikan nya.

Musik juga membantu menghilangkan stress dengan cara mendengarkan lagu kesukaan pikiran kita kemudiaan menjadi tenang. Musik dengan tempo yang lambatjuga berpengaruh dalam menghilangkan stress  dinilai dapat menurunkan jumlah detak jantung  laju pernapasan dan tekanan darah. Selain itu musik dengan tempo yang cepat memiliki efek sebaliknya

Itu lah manfaat musik bagi kehidupan. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar: popbela.com

Penulis merupakan siswa kelas X IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post