Ungkapan Cinta kepada Ibu, Puisi Siswa SMA Nuris Jember, Borong Piala Tingkat Nasional di UM Malang

Hanya Persiapan Empat Hari, Puas dengan Hasil Juara Tingkat Nasional dan Hadiah Uang Pembinaan yang Cukup Besar

Pesantren Nuris – Siswa SMA Nuris Jember torehkan prestasi gemilang pada akhir bulan Januari 2021 lalu. Dua siswa terbaiknya mampu memborong piala dari total tiga piala yang disediakan oleh panitia di Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah (UM) Malang.[8/2/2021]

Arina Makrifatul AA., siswi kelas XII IPS 1 SMA Nuris Jember mampu meraih juara 1 lomba cipta dan baca puisi bertema “Ibu” di Prodi PGSD UM Malang; dan Khoirul Nur Yasin, siswa kelas XI IPS 1 juga meraih juara 3 di ajang yang sama.

Sontak prestasi mereka menambah koleksi piala di lembaga SMA Nuris Jember. Hebatnya lagi, tak butuh persiapan yang lama dan terbilang cukup instan, mereka mampu menuangkan ide kreatif berupa karya puisi bertema “Ibu” dalam waktu kurang dari empat hari. Usai dibuat video pembacaan puisi yang mereka buat, kirim ke panitia, lalu menunggu pengumuman.

“Karena masih pandemi, akhirnya lomba yang kami ikuti rata-rata online. Kami dibina oleh guru buat karya puisi selama dua hari, lalu latihan baca puisi juga dua hari dan take video. Alhamdulillah hasil pengumumannya memuaskan. Kami borong dua piala.” Ungkap Arina.

(baca juga: Selamat, Tim LKTI SMA Nuris Jember Juara 1 Tingkat Nasional)

“Kebetulan temanya kan “Ibu”, saya kira tidak terlalu sulit untuk menuangkan ide menulis puisi. Semua punya ibu dan memiliki kesan masing-masing. Saya berusaha menuangkan ekspresi cinta kepada ibu sepenuh hati saya sebab saya yakin bahwa puisi yang sampai ke hati pembaca karena ditulis dengan hati.” Imbuhnya.

Dengan decak kagum dan bangga, saat diumumkan oleh panitia Prodi PGSD UM Malang via zoom pada tanggal 30 Januari 2021, dinyatakan Arina Makrifatul AA. Dan Khoirul Nur Yasin sebagai juara 1 dan 3. Karya puisi yang sebelumnya dikumpulkan pada tanggal 20 Januari 2021 lalu ternyata membuahkan hasil yang manis.

Judul karya puisi yang dibuat oleh Arina Makrifatul AA. Berjudul “Di Tepian Trotoal”, karya puisi yang dibuat oleh Khoirul Nur Yasin berjudul “Seorang Malaikat Titipan Tuhan”. Sementara peraih juara 2 lomba tersebut yakni, Muhammad Ferdian Yusuf dari SMAN 1 Madapangga dengan judul puisi “Tumbuh Dewasa”.

Dengan capaian prestasi tersebut, mereka berhak mendapat sertifikat elektronik, tropi, dan uang pembinaan total jutaan rupiah. Bahkan, informasi lomba ini dan para juaranya juga diliput dalam koran Radar Malang yang merupakan koran afiliasi Jawa Pos.[AF.Red]

 

Khoirul Nur Yasin saat membacakan puisinya via video
Pengumuman Juara Cipta dan Baca Puisi melalui akun instagram panitia Prodi PGSD UMM
liputan Radar Malang even lomba cipta dan baca puisi PGSD UMM
Related Post