Tim Esai MA Unggulan Nuris, Berhasil Gondol Juara 2 dalam Ajang Essai Chefest Tingkat Nasional

Buat Produk Bioetanol, Presentasi Produk MA Unggulan Nuris Berhasil Pikat Para Juri

Pesantren Nuris- MA Unggulan Nuris kembali membuat gebrakan, betapa tidak tiga siswanya tak tergabung dalam tim karya tulis ilmiah berhasil mendapat juara 2 ajang Essai Chefest tingkat nasional yang diadakan oleh himpunan mahasiswa teknik kimia Universitas Pertamina, Jakarta pada tanggal 12 Februari 2021 lalu.

Mereka adalah Ilham Hafidi dari kelas X1 Ipa 1, Ramadhani Rahman dari kelas X Ipa 1, dan Safrina Ila Madania dari kelas X1 Ipa 1. Mereka membawakan judul karya BINASA (bioetanol from nicotiana and musa)

Lomba ini mengusung tema “The Utilisation Of The Avilability Of Enviranmentally Friendly Sustainable Energy In Post-Pandemic Od Covid-19 In Indonesia,”. Lomba ini dilakukan melalui daring.

Ada dua sesi dalam lomba ini, yakni sesi pertama pengumpulan essai tanggal 28 Januari 2021, dan sesi kedua pengumuman babak final dan presentasi tanggal 5 Februari 2021. Pengumuman juara dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2021.

(Baca juga: lagi siswa-siswi mi unggulan nuris borong juara dalam ajang lomba awal yang ceria)

Peserta lomba datang dari berbagai daerah di Indonesia, antara lain dari Badegan Ponorogo, SMA 5 Denpasar Bali, SMA Saraswati Bali, dan lain-lain. 

“Kami mengambil penelitian tentang bioethanol dari batang tembakau dan batang pisang, fungsinya sebagai bahan bakar nabati pengganti bahan bakar fosil yang ramah lingkungan. Karena kami menggunakan konsep pendekatan wilayah, jadi kami lebih terfokus kepada wilayah kami, yakni daerah Tapalkuda khususnya di Jember. Karena tembakau itu merupakan salah satu hasil pertanian tersbesar di Jember. Dan untuk tumbuhan pisang sendiri memiliki produksi yang cukup besar juga,” Ungkap Safrina Ila Madania

“Harapannya dengan adanya produk ini kami bisa membantu pemerintah untuk mengatasi pencemaran lingkungan berupa limbah, dan krisis minyak bumi di Indonesia,” Tambah Ilham Hafidi.

Safrina juga menambahkan bahwa ini merupakan kali pertama ia menjuarai lomba essai, dan ia sangat bersyukur.

“Alhamdulillah, bisa menjadi salah satu siswa yang dapat kesempatan untuk belajar lebih banyak, dan semoga kedepannya saya bisa lebih baik lagi, semoga saya bisa ikut serta dalam ajang KTI terbesar di Indonesia seperti Kopsi dan LIPI,” ungkap Safrina.

(Baca juga: ma unggulan nuris dan sma nuris jember monopoli juara cipta puisi matematika ajang SME 2021 Di Gresik)

Ramadhani Rahman, salah satu peserta juga mengucapkan terimakasih kepada banyak pihak yang telah mendukung dan mendoakan keberhasilan mereka.

“Alhamdulillah, saya bersyukur dan bangga atas prestasi yang dapat kami raih karena dapat membanggakan orang tua serta lembaga, terimakasih kepada para pembina, dan juga guru-guru yang telah membimbing dan mendukung kami,  semoga kedepannya KIR Nuris semakin maju dan berkembang lagi, amien,” tambah Ramadhani Rahman. Selamat untuk kemenangannya. [Red.Dev]

pengumuman pemenang
Related Post