Poster Ilmiah Kesehatan Karya Siswa SMK Nuris Jember Juara 3 Nasional, Ungkap Kritis Pentingnya Lingkungan

Angkat Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan, Tetap Kritis dan Paradoks Korupsi di Indonesia

Pesantren Nuris – Di bulan kedua tahun 2021 ini, SMK Nuris Jember juga tambah pundi-pundi prestasi tingkat nasional. Kali ini, prestasi nasional disumbangkan oleh Andika Insani Nur Fikri, siswa kelas X TKJ A, sebagai peraih juara 3 poster ilmiah kesehatan pada ajang Semarak Fikes 27 di Universitas Muhammadiyah Jember (UMJ), 09 Februari 2021.

Sontak, banyak apresiasi yang diucapkan oleh segenap sivitas akademika SMK Nuris Jember, tak terkecuali keluarga besar di Pesantren Nuris Jember atas capaian membanggakan ini. Apalagi ini adalah prestasi pertama yang disumbangkan oleh Andika, sapaan akrab remaja cerdas dan berbakat ini di ajang nasional.

“Sebenarnya tidak menyangka kalau saya dapat juara 3 poster ini. Pasalnya ini lomba pertama saya, sebelumnya saya banyak belajar di kegiatan ekskul desain grafis dan biasanya memang yang ikut lomba kakak-kakak kelas karena sudah mumpuni kemampuannya. Memang cukup banyak juga juara kakak kelas bidang poster ini.” Ungkap Andika.

(baca juga: Lulus Langsung Bekerja, Alumni SMK Nuris Jember kini Jabat Kepala Bengkel di Ahass Reyraff Motor Jember)

“Karena kakak kelas mengikuti kegiatan Prakerin, akhirnya siswa kelas X harus lebih giat belajar desain. Dan alhamdulillah saya terpilih sebagai delegasi SMK Nuris Jember untuk mengirimkan karya poster ilmiah kesehatan yang diadakan oleh kampus Universitas Muhammadiyah Jember. Saya bersyukur bisa membuat bangga lembaga ini.” Imbuhnya.

Ide pembuatan karya poster ilmiah kesehatan milik Andika ini tak serta merta jadi dalam sekejap. Dia banyak membaca dan ingin membuat poster yang kritis terhadap pentingnya menjaga lingkungan sesuai tema lombanya. Lalu, muncullah ide paradoks terkait korupsi yang merajalela di negeri ini sehingga Andika membuat poster analogi “sampah dan koruptor buang pada tempatnya” sebagai slogan utamanya.

Haryono, selaku kepala SMK Nuris Jember turut mengucapkan apresiasi atas capaian prestasi anak didiknya. “Selamat dan terima kasih saya sampaikan kepada Andika telah mengharumkan nama SMK Nuris Jember di ajang nasional ini. Terus berkarya dan menebar manfaat dengan potensi yang dimiliki, prestasi juga pasti akan terus bisa diraih.” Ungkapnya.[AF.Red]

pamflet pengumuman juara melalui laman IG Semarak Fikes 27 UMJ
Related Post