Selenggarakan Bedah Kitab Syekh Muhammad Mutawalli Sya’rawi, Ma’had Aly Nuris Hidupkan Peringatan Isra Mikraj

Ungkap Mukjizat Nabi Muhammad Saw. dalam Peristiwa Isra Mikraj, Tingkatkan Wawasan dan Keimanan

Pesantren Nuris – Pada hari sabtu, 13 Maret 2021 kemarin, pengurus Kampus Ma’had Aly Nuris Jember laksanakan bedah kitab Mukjizat Al Isra’ wal Miraj karya Syekh Muhammad Mutawalli Sya’rawi.

Kegiatan bedah buku ini dilaksanakan dalam rangka menghidupkan peringatan salah satu hari besar Islam yakni, Isra Mikraj. Segenap mahasantri Ma’had Aly Nuris dan beberapa alumni santri Pesantren Nuris Jember antusias menghadiri kegiatan tersebut.

Ustaz Muhammad Auliyaurasyid, muallim atau dosen Ma’had Aly Nuris Jember, bertindak sebagai pembedah sekaligus pemateri dalam acara bedah kitab tersebut. Dengan lugas, dia mengungkap beberapa pemikiran yang terkandung dalam kitab karya ulama kontemporer asal negeri Piramida tersbut.

(baca juga: Satu-satunya Program Studi Akidah dan Filsafat Islam di Jawa Timur, Ayo Kuliah di Ma’had Aly Nurul Islam Jember)

Sebelum pemaparan materi inti, Ustaz Ayik, sapaan akrab dosen Ma’had Aly Nuris yang mengajar ulumul Quran tersebut, juga memperkenalkan kiprah sosok Syekh Muhammad Mutawalli Sya’rawi tersebut. Dia dikenal sebagai ulama lulusan Universitas Al Azhar, juga termasuk salah satu pengkhotbah termasyhur di Mesir pada masanya.

Salah satu pemikiran ulama asal Mesir tersebut yang diungkap adalah tentang tranformasi tubuh Nabi Saw menjadi tiga tingkatan. Beliau menjelaskan bahwa ketika Nabi melakukan Isra, tubuh Nabi masih manusia. Namun, dalam proses Mikraj dan bertemu para nabi terdahulu, Nabi Muhammad memakai tubuh malaikat dan beliau memakai tubuh yang lebih agung ketika bertemu dengan Allah.

Pembahasan dari Ustaz Ayik yang memikat sehingga para peserta tampak antusias dalam diskusi interaktif. Melalui kegiatan bedah kitab ini juga semakin memperkaya wawasan segenap mahasantri terkait betapa mulianya Nabi Muhammad Saw. dan segala mukjizat yang telah Allah berikan kepadanya.[AF.Red]

Related Post