Fantastis, SMA Nuris Boyong Piala Gubernur Bergilir pada Olimpiade Ekonomi Se-Jawa Bali

Jember – Lagi-lagi NURIS membuktikan, santri tidak hanya pandai dalam mengaji Al-quran dan kitab. Dalam bidang sains, seni dan pengetahuan umum pun mereka layak disebut mumpuni. Terbukti Sabtu (01/10/16) lalu dua tim SMA Nuris berhasil mendapatkan empat piala dalam Olimpiade Ekonomi X se-Jawa Timur dan Bali yang diselenggarakan oleh HMP “LIBRA” FKIP Ekonomi UNEJ JEMBER. Piala tersebut yakni Piala Gubernur, Piala Rektor, Piala Juara 1 dan Piala Juara 2.

Tak ayal, kabar tersebut membuat seluruh warga Nuris tersenyum bangga dan bersyukur. “Saya tidak menyangka dapat menjadi juara dalam olimpiade ini,” ujar salah satu finalis asal Tempurejo Jember tersebut sambil tersenyum bangga.

Olimpiade ekonomi diselenggarakan di lima rayon seluruh Jawa Timur dan Bali, yaitu rayon Jember, Madiun, Malang, Surabaya, dan Bali. Olimpiade tersebut terdiri dari tiga babak, yakni babak penyisihan, semi final dan final. Pada babak penyisihan dua tim SMA Nuris berhasil masuk 15 Besar mengalahkan 108 tim dari seluruh rayon.

Nanang Khoirul Anam (17) menegaskan, “Pada babak semi final persaingan sangat ketat. Seluruh tim harus melewati satu tahapan yang disebut runthink, yang mengharuskan kami berpikir cepat dalam menjawab seluruh pertanyaan.”

Siswa kelas XI IPS 1 tersebut menambahkan bahwa pada tahap ini, mereka akan diambil lima besar untuk menuju grand final tahap satu, yakni presentasi. Pada tahap satu, peserta akan dinilai untuk menentukan tiga besar menuju grand final tahap dua, yakni sesi cerdas cermat. Pada tahap dua tersebut, tim 2 SMA Nuris yang beranggotakan Ulfatun Nikmah dan Rizqi Amalya S. berhasil keluar sebagai Juara 1 sedangkan tim 1 Zulfa Maulida dan Nanang Khoirul Anam keluar sebagai Juara 2. Juara 3 diraih oleh tim dari SMA 2 Mejayan, Madiun.

Keberhasilan mereka tentu tidak luput dari kesiapan, kerja keras, ketekunan dan doa. “Kalau kita yakin pada diri kita sendiri akan menjadi juara, maka kita pasti akan menjadi juara,” ujar Ulfatun Nikmah dengan mantap. [D/N]

Related Post