‘ALLIMNA; Metode Cepat Belajar Al-Qur’an Karya LP Ma’arif PCNU Jember

‘ALLIMNA; Metode Cepat Belajar Al-Qur’an Karya LP Ma’arif PCNU Jember

Pondok Nuris  Jember  Biro Pendidikan Diniyah Nuris Jember mengadakan pelatihan bagi para Asatidz Madrasah Al-Qur’an pada tanggal 9 dan 10 September 2016. Acara yang bertajuk “Pelatihan Metode Cepat Belajar Al-Qur’an ALLIMNA” ini diselenggarakan di Aula Putra Pondok Nuris Jember. “Tujuan utama terselenggara acara ini agar kemampuan asatidz meningkat dalam Qiroatul Qur’an,pada gilirannya kualitas Baca Al-Qur’an santri Pondok Nuris juga akan semakin meningkat,” ujar Ustadz Fathoni, Waka Biro 1 Pendidikan Diniyah Pondok Nuris.

Saat ditanya tim website pesantrennuris.net mengapa memilih ‘Allimna, Ustadz Wahyudi, Kepala Biro Pendidikan Diniyah menjelaskan: “Allimna Itu karya orisinil LP Ma’arif PCNU Jember dan dipakai seluruh TPQ binaan LP Ma’arif Jember. Seperti kita ketahui pengasuh KH Muhyiddin Abdusshomad adalah Rois Syuriah PCNU Jember, dan Gus Robith Qoshidi Muhyiddin, Lc adalah wakil ketua LP Ma’arif Jember. Sepantasnya kita menggunakan metode membaca Al-Qur’an hasil arahan dari beliau berdua.”

Tidak hanya menawarkan metode cepat, ternyata pilihan-pilihan ayat ‘Allimna banyak yang menjadi argumentasi akidah dan amaliyah Ahlussunnah Wal Jama’ah. “Ayat-ayat pilihan dalam ‘Allimna banyak yang berkaitan dengan akidah dan amaliyyah warga Nahdliyyin, utamanya di juz 5. Ayat-ayat ini adalah pilihan langsung dari Romo Kyai Muhyiddin Abdusshomad. Jadi, bagi warga Nahdliyyin sudah selayaknya menggunakan ‘Allimna di dalam proses belajar mengajar membaca Al-Qur’an. Bukan hanya bisa membaca Al-Qur’an secara cepat, tapi juga bisa memperkuat akidah Aswaja kita,” terang  pemateri ‘Alimna KH. Junaidi Al-Hafidz.

Acara pelatihan ini diikuti oleh 140 ustadz dan ustadzah MQ (Madrasah Quran) Pondok Nuris. “Jumlah peserta pelatihan yang banyak ini, karena santri pondok Nuris lebih dari 3000 santri. Jadi, pengajar Al-Qur’annya juga banyak. Agar lebih Afdhol kami mengundang langsung penyusun metode ‘Allimna sendiri yaitu KH. Junaidi Al-Hafidz dan KH Bahrulloh sebagai tutor pelatihan ini,” tegas ustad Wahyudi.

allimna-lp-maarif-pcnu-jember-1

Seluruh peserta sangat antusias mengikuti pelatihan selama dua hari , Jum’at dan Sabtu. “Tidak hanya belajar tajwid, tapi kita juga bisa tahu cara cepat mengajar Al-Qur’an. Lebih Asyik lagi lagunya sangat bagus. Cocok untuk semua kalangan. Semoga dengan pelatihan ini semua asatidz bisa menambah ilmu untuk meningkatkan kualitas baca Al-Qur’an 3000 Santri Pondok Nuris,” tutur ustad Fariq, peserta pelatihan ‘Allimna Pondok Nuris Jember. Amiiin. (IRA/EKA/RED).

(Baca Juga: Lomba Futsal Bersarung dan Futsal Pondok Nuris Jember)

(Baca Juga: Santri Nuris Kuliah Di China)

allimna-lp-maarif-pcnu-jember

allimna-lp-maarif-pcnu-jember-4

Related Post