Ini Dia…!!! Bocah Pecinta Kitab 5 Tahun

Nuris – MA Unggulan Nuris kembali menyabet juara 2 lomba baca kitab se-Kabupaten Jember pada ajang Lomba Baca Kitab Fathul Qorib antar Pesantren/Madrasah yangberhasil diraih oleh Ahmad Fauzan (XI PK A). Ajang ini dihelat di lapangan Bangsal Sari Jember, dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional yang diadakan oleh Ikatan Alumni Santri Sidogiri (IASS). Kitab yang dipilih oleh panitia pada lomba ini adalah Fathul Qorib. Peserta diperintahkan untuk membca dan memaknai kitab, serta menjelaskan fashol/bab yang dibaca tersebut yang diundi melalui amplop.

(Baca juga: Nuris Rebut 2 Piala Dalam Ajang Muharram Islamic Competition (MIC) 2016)

Menurut KH. Muhyiddin Abdusshomad, kyai sepuh PP. Nuris, juara 2 se-Kabupaten Jember sudah bagus. “Juara 2 se-Kabupaten Jember sudah bagus. Karena yang juara 1 itu, memang pesantren yang fokus pada kitabnya, yaitu An-Nur H A Jember. Sedangkan Nuris, tidak sepenuhnya fokus pada kitab, masih ada kefokusannya di sekolah formal, yang dimana para santri juga dituntut untuk fokus pada materi umum,” jelasnya.

Agus Supriyadi (28) sebagai pembimbing menuturkan bahwa persiapan yang singkat tidak menjadi penghalang bagi peserta no.66 ini untuk menduduki urutan ke-2 dari 69 peserta.

“Hanya 3 hari waktu yang disediakan untuk membimbing calon da’i ini. Beruntung, dirinya juga sudah dibantu di sekolah formal dam diniyyah pondok setiap harinya. Juga memang dari anaknya yang mempunyai bakat dalam bidang kitab,” ungkapnya.

Sang kakak ipar, Maftuhin (27) yang merupakan alumni santri Sidogiri, juga turut membimbing dan mendampingi selama persiapan hingga perlombaan selesai.

Santri pecinta kitab sejak kelas 7 MTs ini, merupakan satu-satunya peserta yang memaknai kitab dengan Bahasa Indonesia. “Dari 69 peserta, hanya peserta no.66 yang memaknai kitab dengan Bahasa Indonesia. Yang lain itu kebanyakan pakai Bahasa Jawa dan Madura”, tutur Faruq, ketua panitia lomba baca kitab.

Fauzan berharap, prestasinya tidak sampai disini saja. “Saya ingin, prestasi saya tidak sampai di sini saja, tetapi tetap berlanjut sampai di jenjang-jenjang berikutnya dan ditingkat-tingkat yang lebih tinggi, seperti tingkat Provinsi dan Nasional serta bisa menduduki urutan pertama di ajang-ajang berikutnya”, harapnya. (Ifa/Lou/Red)

Related Post