MTs Unggulan Nuris Jember, Adakan Lomba Tahfidz Setiap Bulan

Pesantren Nuris– MTs Unggulan Nuris selalu melaksanakan kegiatan keren tapi mendidik yaitu lomba tahfidz.  Kegiatan ini dilaksanakan setiap akhir bulan di masjid Nurul Islam. Kerennya lomba tahfidz ini  karena hanya diperutukkan bagi santri yang tergabung dalam program unggulan MTs Unggulan Nuris yaitu kelas tahfidz. kelas tahfidz ini terdiri dari 5 santri putri dan 7 santri putra.

Lomba tahfidz bulanan ini sudah dilaksanakan mulai bulan Juli 2016 dan dimulai dari menghafal juz 30, kemudian bulan berikutnya juz 1, dan begitu seterusnya. Santri wajib menghafal 1 juz setiap bulannya. Teknis pelaksanaannya adalah pertama santri mengambil kupon. Dalam kupon tersebut terdapat soal berupa kutipan ayat suci Al-Qur’an dan soal tersebut diberikan kepada juri untuk dibacakan, kemudian dilanjutkan pembacaan ayat selanjutnya oleh siswa.

(Baca juga: Serunya Bergabung dengan Program Unggulan MTs Unggulan Nuris Jember)

Tujuan dilaksanakan lomba tahfidz bulanan ini adalah untuk menemukan tahfidz-tahfidz Al-Qur’an yang disiapkan untuk mengikuti lomba-lomba tahfidz baik tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional. Dari lomba tahfidz ini akan diambil 3 terbaik. Hadiah dari lomba tahfidz ini juga tidak tanggung dan sulit ditebak, bisa saja uang, buku, atau kain, dan sebagainya.

“Menurut saya lomba tahfidz ini harus dilaksanakan terus-menerus setiap bulan untuk menemukan tahfidz-tahfidz Al-Qur’an yang dapat mewakili sekolah untuk mengikuti lomba tahfidz.” Ujar Ustadzah Farida selaku panitia pelaksanaan lomba tahfidz bulanan.

Lomba tahfidz bulanan yang dilaksanakan oleh MTs Unggulan Nuris ini, sebagai bentuk aplikasi dari adanya kelas program tahfidz yang dimiliki MTs Unggulan Nuris. (Red/Yuv)

 

Related Post