Al-Barzanji Pengarang Sholawat Al-Barzanji

Setelah membaca shalawat al-Daiba’i (diba’an) maka dilanjutkan dengan mahall al-Qiyam, yaitu membaca shalawat Barzanji dengan berdiri. Siapa pengarang shalawat Barzanji tersebut?

Dalam Kitab al-Munjid fi al-A’lam halaman 125 disebutkan:

جَعْفَرُ الْبَرْزَنْجِيُّ الْمَدَنِيُّ هُوَ خَطِيْبُ الْحَرَمِ النَّبَوِيُّ وَ مُفْتِيْ الشَّافِعِيَّةِ تُوُفِّيَ بِالْمَدِيْنَةِ سَنَةَ ١١٧٧ه‍/ ١٧٦٣م مِنْ مُؤَلَّفَاتِهِ  قِصَّةُ الْمَوْلِدِ النَّبَوِيِّ.( المنجد فى الأعلام، ص١٢٥)

“Ja’far al-Barzanji al-Madani adalah khathib di Masjid al-Haram dan seorang mufti dari kalangan Syafi’iyyah. Wafat di Madinah pada tahun 1177 H/1763 M. Di antara karangan beliau adalah Kisah Maulid Nabi.”(Al-Munjid fi al-A’lam, 125)

Sebagai mufti dari kalangan Syafi’iyyah tentu al-Barzanji sangat menghormati keluarga, keturunan dan para sahabat Nabi Muhammad SAW. Ini dibuktikan dalam do’a beliau, yaitu:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ عَلَى أَوَّلِ قَابِلٍ لِلتَّجَلِّي مِنَ الحَقِيْقَةِ الْكُلِّيَّةِ، وَ عَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ مَنْ نَصَرَهُ وَ وَالاَهُ.(مجموعة الموالد والأدعيه، ص/٧٤)

“Ya Allah, semoga shalawat dan salam terlimpahkan kepada orang yang pertama kali menerima kecerahan hakekat kebenaran keseluruhan (yaitu Nabi Muhammad SAW), kepada keluarganya, para sahabatnya dan orang-orang yang menolong dan mengikuti jejaknya.” (Majmu’ Mawalid wa al-Ad’iyyah, 73).

(Baca juga: Hujjah Aswaja: Bilangan Shalat Tarawih)

Do’a ini membuktikan bahwa al-Barzanji termasuk golongan Ahl al-Sunnah Wa al-Jama’ah. Sebab, beliau berpegang teguh pada ajaran Nabi Muhammad SAW dan sahabat-sahabat beliau.

Sumber: KH Muhyiddin Abdusshomad. 2010. Fiqih Tradisionalis. Surabaya: Khalista.

Related Post