Juarai Esai Nasional di UGM Yogyakarta, Risa Banggakan Almamater Nuris

Juara Esai Nasional di UGM Yogyakarta, Risa Banggakan Almamater Nuris

Pesantren Nuris Risalatul Muawanah, siswa SMA Nuris Jember kelas XI IPA Sains, juara 1 lomba Esai Nasional tingkat SMA sederajat. Essay Competition, salah satu cabang lomba yang ditaklukkan oleh siswa cerdas SMA Nuris Jember ini diselenggarakan oleh KOMAKO (Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi), Fisipol (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Essay Competition bertajuk Laksamana 2017 (Lomba Kreasi Siswa SMA Nusantara) ini diikuti oleh 43 pelajar di seluruh Nusantara/ Indonesia. Dari 43 peserta tersebut terpilih 5 karya esai terbaik di antaranya, Hafidz Ilham (MAN Insan Cendekia Jambi), Indah Wulandini (SMAN 1 Purworejo), Izzah Ilma Rohmatin (SMA Assa’adah Bungah Gresik), Khoirul Akmal (SMAN 1 Cikarang Barat), dan Risalatul Muawanah (SMA Nuris Jember). Mereka diundang oleh panitia Laksamana 2017 hadir ke UGM pada hari Ahad, 27 Agustus 2017.

Kemudian panitia memutuskan karya 5 esai terbaik dalam kompetisi ini menjadi Three of Best Partcipant (3 peserta terbaik). Akhirnya, Panita Laksamana 2017 memutuskan para juaranya yakni, Juara 1 Risalatul Muawanah (SMA Nuris Jember), Juara 2 Indah Wulandini (SMAN 1 Purworejo), dan Juara 3 Khoirul Akmal (SMAN 1 Cikarang Barat).

(Baca juga: Luar Biasa, Alumni Nuris Ini Mawapres di Polije )

SMA Nuris Jember yang hanya mengikutkan 1 cabang lomba Essay Competition ini sangat bangga dengan keberhasilan Risalatul Muawanah. Karena keterbatasan waktu, cabang lomba lainnya tidak diikuti oleh SMA Nuris Jember seperti, News Caster, Speech Contest, dan Instagram Contest.

Proses penulisan esai bertema plagiarisme karya Risa cukup butuh waktu intensif sehingga menghasilkan esai berjudul “Langkah Proaktif Mencegah Plagiarisme” . Lalu, dia mengirimkan karyanya ke email panitia: laksamanaugm@gmail.com pada hari Sabtu, 19 Agustus 2017. Tak terduga, Risa diundang menghadiri Awarding Night Laksamana pada 27 Agustus 2017 bertempat di Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada.

“Sangat bahagia dan senang sekali, setelah berusaha keras semala 2 pekan membuahkan hasil yang memuaskan. Setiap hari saya membaca jurnal sebagai referensi dan menuangkan ide-ide saya. Sambil lalu saya ajukan ke Pembina, M. Arif Hadi Maulana. Setelah dikoreksi, langsung juga saya perbaiki hingga siap saya kirim ke panitia.” Ungkap Risal saat diwawancara tim Pesantrennuris.net.

“Selain membaca buku, jurnal, saya juga memahami peraturan menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2010 tentang pencegahan dan penanggulangan plagiat di perguruan tinggi. Hal ini juga mendukung penulisan esai saya.” Tambahnya.

(Baca juga: Gaya Orasi Bung Karno Ala Santri Nuris Juarai Lomba Pidato Tingkat Kabupaten Jember )

“Semua ini berkat pembinaan di Ekskul Sains Nuris yang telah mendukung bakat-minat saya sehingga bisa menjadi juara seperti ini. Semoga peserta ekskul lainnya juga bisa mengharumkan almamater Nuris dengan prestasi-prestasinya. Pencapaian ini bukan akhir dari segala-galanya, saya akan terus berkarya untuk mengharumkan nama Nuris,” tegas Risa.

Mila Karmila, S.Pd., Kepala Seksi Penjamin Mutu Siswa Nuris mengungkapkan, “Tidak salah memilih Risa menjadi anggota M-sains, semangat dan kerja kerasnya begitu luar biasa. Bakatnya untuk menulis semakin terasah ketika dia bergabung di M-sains tersebut. Semoga Risa dapat mengharumkan nama Nuris kembali di ajang lomba lainnya.” Ungkap Bu Mila.[Yuv/AF.Red]

 

 

Related Post