Amati Bulan dengan Teleskop, Santri Nuris Semakin “Gila” Sains

Pesantren Nuris – Siswa SMA Nuris Jember yang tergabung dalam MSains Astronomi Club lakukan pengamatan bulan di Alun-alun Jember (5/10/2017). Sebab Alun-alun Jember dianggap sebagai tempat yang lapang dan representatif untuk praktik pengamatan bulan.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka praktik menggunakan teleskop baru milik MSains Astronomi Club.  Mereka mulai  melakukan pengamatan pada jam 19.30–21.00 WIB. Sebab, pada waktu tersebut bulan berada pada posisi hampir sempurna, sehingga bulan dengan mudah dapat diamati.

Lima belas santri Nuris yang tergabung dalam pecinta astronomi tersebut praktik merakit dan mengoperasikan teleskop. Mereka terlihat penasaran sekali terhadap bentuk bulan. Usai lakukapengamatan menggunakan teleskop tersebut, mereka berkesimpulan bahwa permukaan bulan memiliki wilayah gelap dan terang yang menghadap ke bumi. Selain itu, sebagai akibat dari rotasi sinkron dengan Bumi, wajah bulan hanya tampak sattu sisi di setiap waktu sedang sisi yang lainnya tidak terlihat.

“Saya senang bisa praktik menggunakan teleskop seperti ini, sebaiknya praktik menggunakan teleskop sering dilakukan agar kami lebih mengenal teleskop dan bisa melakukan pengamatan dengan baik,” ungkap Fajri salah satu santri anggota club yang gemar benda luar angkasa tersebut.

Kelima belas santri Nuris melakukan pengamatan secara bergantian terhadap bulan. Mereka adalah Rifqy , Subhan Ainun Najib, M. ZIdan, Rizky Afdal, Fajri Kholili Zain, Danie Izul, Ridwan Firdaus, Rifan Nidhom, Lucky, Fauzan Hilmy, Syahrul Arfani, Wildanul Alief, Umam, dan Ghusrisul.

Tidak hanya club yang mengatasnamakan NASA-nya Nuris  saja yang melakukan pengamatan, melainkan Jastro (Jember Astronomi) Club juga melakukan pengamatan terhadap bulan sambil menyusun laporan bulanan. Jastro merupakan salah satu Komunitas Astronomi Amatir yang berada di wilayah Jember (digagas tahun 2014), Jawa Timur.

Jember Astronomy Club atau terkenal dengan nama Jastro berdiri atas persatuan perkumpulan masyarakat pecinta Ilmu Astronomi dan Geofisika seluruh wilayah Kabupaten Jember. Saat ini yang menjabat sebagai ketua umum komunitas tersebut adalah Hairlinda Arini Agustin yang juga tentor MSains Astronomi Club Nuris.

Kedua club tersebut terlihat saling sharing pengetahuan mengenai astronomi. Mereka dengan telaten memberikan pengetahuan tentang astronomi dan mengajari cara yang benar mengoperasikan teleskop.

(Baca juga: Teleskop Baru, M-Sains Astronomi Nuris Siap Ukir Prestasi di Kancah Internasional)

“Kami takjub dengan keaktifan club Astronomi Nuris, di usia mereka yang masih remaja mereka sudah mengenal dan mencintai astronomi. Semoga mereka tetap semangat”, ungkap salah satu anggota Jastro (Jember Astronomi). (Red/Yuv)

Related Post