Pendidikan Mutlak untuk Masyarakat Indonesia

Penulis: Nur Afini

Indonesia terkenal dengan sebutan negara berkembang. Artinya Indonesia adalah negara yang kaya akan Sumber Daya Alamnya (SDA), namun dalam garis besar Indonesia miskin akan Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karena itu, sebagai warga negara Indonesia seharusnya seimbang antara Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Salah satu cara untuk meningkatkan Sumber Daya Alamn (SDA) masyarakat Indonesia adalah dengan meningkatkan pendidikan. Pendidikan merupakan suatu sistem yang di dalamnya terdapat banyak sekali ilmu pengetahuan. Pendidikan itu sangatlah penting, semua kalangan wajib mendapatkan pendidikan. Jika seseorang tidak menuntut ilmu atau menyenyam pendidikan, bagaimana asib negara Indonesia? Yang kini secara sadar mulai dijajah kembali oleh negara maju lainnya.

(baca juga: Utamakan Pendidikan, Bekal Dunia dan Akhirat)

Untuk mengatasi hal itu, dibentuklah atau diberilah sebuah pendidikan terhadap suatu masyarakat, di mana terdapat banyak sekali pelajaran yang terdapat di dalamnya. Jika semua masyarakat di Indonesia menyadari bahwa pendidikan sangatlah penting dan tidak dapat ditinggalkan. Terkadang ekonomi juga menyebabkan seseorang putus asa untuk menempuh pendidikan. Alhasil pengangguran merajalela di Indonesia.

(baca juga: Optimis Biar Makin Manis)

Oleh karena itu, mari negara Indonesia bahu membahu selangkah demi selangkah menuntut ilmu, meningkatkan minat baca dan menjadikan Indonesia juga negara maju seperti negara lain. Pepatah mengatakan “Tuntutlah Ilmu hingga ke negeri Cina” dan bermimpilah setinggi-tingginya karena jika kamu jatuh, kamu akan jatuh di antara bintang-bintang.

 

Penulis merupakan siswa SMA Nuris Jember kelas XD. Dia juga aktif sebagai anggota ekstrakurikuler Jurnalistik Website Pesantrennuris.net

Related Post