Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), Anggota OSIS/OSIM Nuris Makin Amanah

Pesantren Nuris-  Anggota OSIS SMP dan SMA Nuris Jember juga anggota OSIM MTs dan MA Unggulan Nuris semakin mantab mengemban amanah. Pasalnya, sebelum siap menjalankan tugas di tahun pelajaran 2018/2019 mereka diberi bekal berupa LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa). Seluruh anggota OSIS/OSIM baru masa bakti 2018/2019 mulai dari lembaga SMP dan MTs Unggulan Nuris juga SMA dan MA Unggulan Nuris berpartisipasi dalam kegiatab LDKS tersebut (11/10/2018).

(baca juga: Diklat OSIS Nuris Jember Latih Siswa Terampil Berorganisasi)

Total kurang lebih 120 anggota OSIS/OSIM ikuti kegiatan tersebut. Rinciannya adalah 15 anggota OSIS/OSIM  putri dan 15 putra untuk masing-masing lembaga. LDKS ini dilaksanakan dalam satu hari, mulai pukul 07.30 sampai dengan 15.00 WIB di aula yayasan Nurul Islam Jember. Terdapat beberapa materi yang diberikan dalam LDKS kali ini dan disampaikan oleh pemateri yang ahli di bidangnya. Pemateri LDKS kali ini adalah perwakilan anggota IPPNU (Ikatan Pemuda Pelajar Nahdlatul Ulama) Jember.

Materi pertama yang diberikan tentang dunia administrasi. Anggota OSIS/OSIM dibekali dengan pengetahuan tentang administrasi, sehingga mereka bisa menjalankan tugas administrasi dengan baik. Selanjutnya, para calon pemimpin tersebut juga dikenalkan dengan apa itu IPNU dan IPPNU. Selain itu, materi tentang  kepemimpinan dan keorganisasian juga diberikan dalam pelatihan LDKS tersebut.

Seluruh anggota OSIS/OSIM mengikuti kegiatan tersebut dengan semangat. Mereka tak mau melewatkan satu momen pun. “Kami senang sebagai anggota OSIS/OSIM baru diberi pelatihan seperti ini. Pelatihan ini dapat melatih kami untuk memahami bidang administrasi, kepemimpinan, dan keorganisasian. Semoga hal tersebut bisa kami aplikasikan dengan baik di lapangan,” kata Umarul, ketua OSIS SMA Nuris Jember.

Dalam pelaksanaan seminar tersebut antara anggota OSIS/OSIM putra dan putri dipisah, karena mereka berada pada lingkungan pesantren. Dilaksanakan LDKS ini, guna memberikan wawasan kepada seluruh anggota OSIS/OSIM SMA dan MA Unggulan Nuris. “Tujuan kami mengadakan pelatihan ini adalah untuk memberi wawasan tentang administrasi, kepemimpinan, dan keorganisasian kepada seluruh anggota OSIS/OSIM sebagai bekal mereka dalam melaksanakan tugas,” kata Diana, koordinator kessiswaan yayasan Nurul Islam Jember.

(baca juga: Latih Adminitrasi, OSIS Masa Bakti 2017/2018 siap Abdikan untuk Kemajuan Nuris)

Di lembaga yayasan Nurul Islam Jember khususnya anggota OSIS/OSIM baik SMA, SMK, dan MA Unggulan Nuris serta SMP dan MTs Unggulan Nuris dipisah menjadi pengurus OSIS/OSIM putra dan putri. Hal ini dimaksudkan agar mereka bisa menjadi kader Aswaja yang sesungguhnya. LDKS anggota OSIS SMK Nuris Jember akan digelar dalam waktu dekat mendatang. (red/Yuv)

Related Post