Keutamaan Surat Yasin dan Fadhilahnya

Keutamaan Surat Yasin dan Fadhilahnya

Penulis: M. Izzul Aroby*

Dinukil dari karya Syaikh Hamami Zadah. Surah yasin adalah surah yang sangat masyhur dan sering dibaca saban hari maupun di malam Jumat oleh kalangan umat Islam di Indonesia. Lalu seperti apakah fadhilah dan keutamaan surah Yasin? Syekh Hamami Zadah dalam tafsir yasin menuliskan:

Setiap sesuatu pasti mempunyai hati (inti). Adapun hati Alquran adalah surah Yasin, barang siapa membaca surah Yasin maka akan dicatat laksana membaca Alquran 10 kali.

Dalam suatu riwayat dikatakan, “Sesungguhnya Allah SWT membaca surah Yasin dan surah Taaha sebelum menciptakan langit dan bumi selama seribu tahun”.

(baca juga: Kyai Dawuh, Santri Unjuk Jari)

Ketika mengetahui hal tersebut, malaikat berkata: “Beruntunglah bagi umat Nabi Muhammad Saw. karena telah diturunkan surah itu kepadanya”.

Sangat istimewa sekali keutamaan dan fadhilah dari surah Yasin tersebut. Mari bersama kita rutinkan membaca surah Yasin, setiap hari atau satu minggu sekali. Namun, tetap jangan lupa mengkhatamkan Alquran serta mengamalkannya dalam keseharian. Insya Allah akan menjadi insan yang lebih berbudi luhur.

Sumber disadur dari kitab Yasin Hamami

*Penulis adalah alumnus MA Unggulan Nuris lulusan tahun 2017, kini sedang melanjutkan studi sarjana di Polije

Kitab Yasin Hamami

 

Related Post