Ulas Aktualisasi Maulid Nabi Kekinian, Wildan Hidayat Juara Presentasi Aswaja Se-Kabupaten

Ulas Aktualisasi Maulid Nabi Kekinian, Wildan Hidayat Juara Presentasi Aswaja Se-Kabupaten

Pesantren Nuris – Wildan Hidayat, Siswa kelas X PK A MA Unggulan Nuris, sungguh berbakat dan bertalenta luar biasa. Di hadapan tiga dewan juri, dia menuntaskan presentasi aswaja bertema “Aktualisasi Maulid Nabi Kekinian” dengan memukau hingga lolos ke babak final dan meraih juara di ajang FMAA (Forum Musyawarah Anjangsana Anjangsini) 2019 di Rambipuji, Jember (24 Februari 2019).

Perlombaan FMAA ini memang rutin diadakan setiap tahunnya. Siswa MA Unggulan Nuris selalu berpartisipasi khusus cabang lomba presentasi aswaja tersebut. Lomba ini bersifat umum, artinya peserta yang ikut serta mulai usia 15 sampai 20 tahun. Wildan sendiri baru berusia 16 tahun yang harus bersaing dengan peserta yang memang sudah menempuh pendidikan tinggi atau mahasiswa.

“Tahun 2018 lalu saya bisa meraih juara 1, karena tampil sekali dan tak ada babak final. Kali ini ada babak finalnya hingga lomba usai jam 10 malam. Sebenanrnya saya berada di urut 1 saat penyisihan, mungkin sudah mulai kelelahan saat final kurang maksimal sehingga hanya juara harapan 1. Tetapi tetap bersyukur.” Ungkap Wildan.

(baca juga: Buah Hobi Membaca, Raih Juara 1 Resume Materi dan Kegiatan Dauroh di Yogyakarta)

“Di MA Unggulan Nuris terdapat pelajaran Retorika Aswaja untuk melatih siswa khusus PK dalam berdakwah dan menyampaikan Islam yang berhaluan aswaja. Pembina yang melatih juga sangat berpengalaman seperti Ustad Dardum. Ini menjadi sarana bagi saya dan teman-teman agar terlatih dalam menyampaikan kebaikan dakwah.”

Atas raihan prestasinya, Wildan berhak mendapat tropi, piagam juara, dan uang pembinaan. Santri Pesantren Nuris Jember asal pulau Madura, Sumenep ini memang luar biasa. Selain mahir presentasi, juga sering juara pidato bahasa Arab. Kini dia fokus dengan studi program keagamaan di MA Unggulan Nuris dengan harapan bisa studi sarjana ke Al Azhar, Mesir.

Manajemen bakat minat ekstrakurikuler Seksi Penjamin Mutu Siswa di Yayasan Nurul Islam terus mengevaluasi setiap hasil lomba yang diikuti. Pembinaan dan pengkaderan siswa berbakat terus diakamodasi dengan pembinaan yang intens agar bisa mencetak siswa yang cerdas dan berprestasi di semua bidang.[AF.Red]

Related Post