Lima Siswa SMA Nuris Jember Ikuti Jelajah Sejarah Jember Dan Seminar Sejarah

Lima Siswa SMA Nuris Jember Lolos Dalam Semi Final KTI Sejarah Se-Jatim

Pesantren Nuris- Komunitas Bhattara Saptaprabu merupakan komunitas sejarah yang ada di Kabupaten Jember. Bekerjasama dengan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Sejarah se Kabupaten Jember, Komunitas Bhattara Saptaprabumengadakan Event Kesejarahan 2019 dengan tema “Explore The Cultural Heritage And History Of Jember” yang bertempat di Hotel Kebon Agung Jember.

Acara yang berlangsung selama tiga hari mulai 11-13 Oktober 2019 ini berisi materi-materi tentang sejarah Jember dan juga lomba yang berkaitan dengan sejarah. Sebelumnya panitia mengadakan lomba karya tulis ilmiah remaja (KIR) dengan ketentuan mengirim KTI karya sendiri (bukan TIM) yang sesuai dengan tema.

(Baca juga: Ikuti Ajang Ma’rifah Icis Siswa SMA Nuris Jember Juarai Lomba Tingkat Provinsi)

Setelah proses seleksi maka dipilih 30 KTI terbaik untuk mengikuti acara jelajah sejarah, lomba foto objek, vlog, dan kegiatan workshop sejarah dan budaya. Dari 30 peserta makan akan dipilih 6 peserta lomba KTI yang akan maju untuk mempresentasikan hasil dari penelitian mereka.

SMA Nuris Jember mengirim 10 delegasi untuk mengikuti lomba KTI Sejarah. Dari 10 delegasi tersebut lima siswa lolos dalam 30 KTI terbaik, dan dua diantaranya lolos final dan akan maju untuk mempresentasikan hasil penelitian mereka.

Lima siswa SMA Nuris Jember yang masuk dalam 30 besar yaitu Nuriya Hana A kelas XI IPS 1, Lailatul Safitri kelas XI IPA 1, Zakina Mala F kelas XI IPS 2, Zakiyatul Mar’ah kelas X IPS 3, dan Bias Rijal Akbar kelas X IPS 1. Sedang dua siswa yang masuk final adalah Nuriya Hana A dan Lailatul Safitri.

(Baca juga: Santri Nuris Ikuti Festival Literasi Nusantara Jember Gemar Membaca Di Universitas Jember)

“Saya senang sekali bisa mendapat pengalaman luar biasa seperti ini. Dengan adanya acara ini saya lebih banyak tau tentang sejarah Jember. Doakan saya dan Fifi (Lailatul Safitri) bisa menjadi juara dalam final lomba KTI, yang akan kami presentasikan nanti malam. Semoga kami bisa membawa pulang piala untuk Nuris tercinta, amin,” Ungkap Nuriya Hana, salah satu peserta yang lolos dalam final 6 besar. [Red.Dev]

Related Post