Merasa Berkomunikasi Dengan Alam Saat Belajar Biologi

Penulis: Handini Fatihatun Nabila*

Belajar ilmu biologi tentu saja erat kaitannya dengan hewan, tumbuhan, alam, maupun organ-organ manusia. Sangat menarik dan tentu saja menyenangkan, begitu pula Ana Rosyidah. Siswa kelas XII IPA SMA Nuris Jember ini.  Kegemarannya ini membuatnya meraih banyak prestasi. Yuk intip keseruan tim website Nuris dengan Ana Rosyidah.

Mengapa Anda tertarik dalam mempelajari ilmu Biologi yang banyak hafalan?

Mungkin salah satunya yaitu ketidaksukaan saya untuk menghitung. Saya merasa saya adalah tipikal orang yang lebih suka menghafal. Tak hanya itu, karena ilmu biologi juga mempelajrai tentang anggota tubuh makhluk hidup dan banyak berhubungan dengan alam sekitar.

(Baca juga: Tegar Ramadani: Cara Mengatasi Kegagalan Adalah Ikut Lomba Lagi)

Bagaimana perasaan anda telah menjuarai lomba Biological Sains Day?

Pastinya saya merasa amat senang. Sempat juga terbesit kata-kata “gak nyangka” ternyata  salah satu impian yang telah saya damba-dambakan sejak dulu telah berhasil saya gapai. Awal dari hasil tersbeut yang memebuahkan semangat saya bahwa saya itu bisa sebenarnya.

Mulai kapan anda tertarik dengan Biologi?

Berawal dari keaktifan saya mengikuti lomba-lomba IPA atau Sains  khususnya Biologi di SD dulu. Dari situ akhirnya saya menemukan jati diri saya yang memang mencintai Biologi. Saya merasa Biologi itu hal yang telah menyatu dalam diri saya.

siapa yang memotivasi anda sehingga bisa menggapai prestasi ini?

Pertama kali yang menjadi motivator dalam diri saya ya pasri kedua orangtua saya. Lalu tak hanya itu, saya juga termotivasi oleh tentor serta guru Biologi saya yang sudah mengantongi prestasi dimana-mana tentunya. Yang terakhir pemotivator saya yaitu teman-teman saya semua yang menjadi saksi hisup jatuh-bangunnya usaha saya selama ini. Saya juga termotivasi sekali oleh siswa dari SMA luar yang berkesampatan menjuarai lomba yang sama dengan saya tahun lalu. Dari mereka saya bisa berkaca dan lebih percaya diri.

(Baca juga: M. Syariful Umam: Jatuh dan bangun adalah proses)

Bagaimana kiat-kiat anda dalam belajar Biologi hingga menjadi juara seperti ini?

Membaca buku tentang Biologi atau ilmu-ilmu sejenis itu menjadi langkah atau tips yang pertama buat teman-teman. Lalu jangan lupa latihan soal dengan rajin dan mencoba mengikuti lomba olimpiade Biologi dimana-mana. Jangan terlalu memaksakan saat mencoba latihan soal. Sesuaikan dengan kebutuhan dan usahakan istirahat juga dijaga. Kemudian, yang terakhir ya memperbnayak mendekatkan diri dengan Allah dengan berdoa’a.

Apa pesan anda untuk teman-teman yang ingin berkaca dengan prestasi anda?

Ingat kuncinya hanya jangan mudah patah semangat dan jangan menyerah serta berkata bawa Biologi itu susah dan banyak hafalan. Anggaplah jika sedang belajar Biologi berarti anda sedang belajar berkomunikasi oleh alam sekitar. Yang terakhir ingat peribahasa ” Jadilah seperti padi yang semakin berisi semakin merunduk”.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post