Leader dan Humoris ini Ketua Umum IKMANSA, Kepoin Yuk Profilnya

Emban Amanah Solidaritas antaralumni Nuris, Abdikan Diri di TPQ selain Sibuk Kuliah

Pesantren Nuris – Setiap kota yang ditempati para alumni Nuris baik keperluan kuliah maupun studi selalu ada organisasi yang mewadahi aspirasi dan solidaritas antaralumni. Begitu pula di kota metropolitan terbesar kedua setelah Jakarta yakni, Surabaya, lulusan Pesantren Nuris Jember cukup menjamur di sana. Nah, siapakah gerangan pemimpin organisasi alumni di sana? Yuk kita lanjutkan membaca profilnya!

Organisasi alumni Nuris di Surabaya bernama IKMANSA (Ikatan Mahasiswa Alumni Nuris Surabaya). Untuk periode masa bakti 2019/2020 kepemimpinan organisasi tersebut dinahkodai oleh lulusan lembaga MA Unggulan Nuris lulusan tahun 2017, jurusan IPA yakni, Balya Ebil AIM.

Pemuda humoris kelahiran Jember, 27 April 1999 tersebut menjabat sebagai ketua umum IKMANSA setelah melalui mekanisme musyawarah dan terpilih secara aklamasi pada bulan Januari 2019 lalu, menggantikan alumni lainnya yakni, Fahmi Ni’am.

(baca juga: Kesabaran dan Attitude yang Baik, Kunci Alumni Nuris ini Berkarier di BRI)

“IKMANSA seperti rumah kedua bagi saya yang hadir mendekatkan kami sesama alumni Nuris. Di sela kesibukan kami kuliah menggapai cita-cita di kawasan Surabaya ini, kami tetap menjalin kekompakan dan bertukar informasi terkait kepesantrenan melalui wadah organisasi ini. Jadi meski kami di Surabaya tetap terkait secara batin dengan pesantren.” Ungkap pemuda hobi ngopi dan jalan-jalan ini.

Bagi Ebil, sapaan akrabnya, visinya sebagai ketua umum yakni, mewujudkan IKMANSA sebagai wadah yang menjunjung tinggi nilai kekeluargaan dan kebersamaan serta berlandaskan ahlussunnah wal jamaah.

Adapun misi-misi yang ingin dicapai Ebil adalah meningkatkan kebersamaan dan kekeluargaan antaralumni Nuris dan antaralumni pondok pesantren lainnya. Lalu, juga menciptakan wadah dalam menampung dan menyalurkan aspirasi seluruh anggotanya.

(baca juga: Kuliah Teknik Fisika di ITS Surabaya, Alumni Nuris ini Aktivis di Berbagai Organisasi)

Saat ini, lelaki asal Wuluhan, Jember tersebut sedang melanjutkan studi sarjana di Institut Agama Islam Alkhozini, Buduran, Sidoarjo, pada jurusan pendidikan agama Islam (PAI). Selain kuliah, Ebil juga abdikan diri di TPQ daerah sekitar kampusnya setiap ba’da maghrib hingga Isya.

Salah satu kegiatan rutin unggulan yang diadakan oleh Ebil bersama teman-teman pengurus lainnya yakni, agenda Makrab atau malam keakraban yang diisi dengan istighosah di Ampel setiap malam Jumat manis. Ini juga salah satu upaya mempertahankan tradisi ahlussunnah wal jamaah di antara gemerlap kota Surabaya.[AF.Red]

Nama                    : Moh. Balya Abil AIM.

Lembaga              : MA Unggulan Nuris, lulusan tahun 2017, jurusan IPA

Kuliah                   : IAI Alkhozini, jurusan PAI

Related Post