Kamu Gampang Marah, Yuks Simak Tips Berikut!

Penulis: Deli Anisa Virca*

Marah adalah suatu bentuk emosi seseorang. Ahli psikologi menunjukkan bahwa orang yang marah sangat mungkin melakukan kesalahan karena kemarahan menyebabkan kehilangan kemampuan pengendalian diri dan penilaian objektif. Banyak hal yang dapat menyebabkan orang marah. Sesuatu yang tidak disuka, tersinggung, sakit hati dan lain sebagainya. Marah jika tidak dapat dikendalikan akan menimbulkan efek yang negatif. Untuk itu, simak tips mudah untuk meredakan marah di bawah ini.

Pertama, beristighfar, dengan beristighfar setidaknya hati kita merasa sedikit tenang. Minta ampun pada Allah SWT atas tindakan kita, dan jangan sampai marah kita berimbas kepada orang-orang di sekitar kita.

Kedua, berwudhu’, dengan wudhu’ badan kita akan terasa lebih segar dan lebih tenang. Dengan begitu kita akan lebih santai menghadapi amarah kita.

(Baca juga: Tips ber-tahun baru ala santri)

Ketiga, membaca Al Quran, dengan membacakan lantunan ayat suci  biasanya hati kita akan tenang.

Keempat, bertukar pikiran, sahabat bisa bertukar pikiran dengan orang yang sahabat percaya terutama orang tua. Setidaknya sahabat bisa mendapat pencerahan meskipun tidak jalan keluar. Tapi pastikan sahabat berbincang tidak dalam keadaan marah ya. Karena dalam keadaan marah pikiran kita tidak benar-benar bisa digunakan untuk berfikir baik.

Kelima, melakukan peregangan, dengan melakukan sedikit peregangan setidaknya kita bisa sedikit membuat badan kita rileks.

Keenam, menenangkan diri, sahabat bisa meluangkan waktu untuk sendiri. Merenungkan segala sesuatu yang membuat sahabat marah dan mencoba mencari solusinya. Biasanya dengan menyendiri kita bisa lebih menenangkan diri. Karena hanya kita yang benar-benar tau tentang diri kita sendiri ini biasa disebut dengan me time.

Ketujuh, refreshing, sahabat bisa berlibur sejenak melupakan masalah yang membebani. Bukan berarti sahabat lari dari masalah ya. Tapi ini hanya salah satu cara untuk menenangkan diri dan mencari solusi dalam keadaan tenang.

Delapan, bercanda bersama sahabat bisa berkumpul dengan teman-teman. Membicarakan hal-hal yang menghibur, tertawa, dan bergembiralah karena ini merupakan salah satu cara meredakan amarah.

Sembilan, ucapkan kalimat yang dapat menenangkan diri seperti “tenang, kamu pasti bisa!”, “sabar, Allah SWT mencintai orang yang sabar” dan kalimat penenang lainnya.

Sepuluh, lakukan hal yang menyenangkan. Sahabat pasti memiliki suatu hal yang membuat sahabat senang atau sebut saja hobi atau kegemaran. Karena hobi adalah suatu hal yang selalu ingin dilakukan oleh setiap pemiliknya.

(Baca juga: Tips mencegah flu di musim hujan)

Demikian tips meredakan marah yang sangat mudah dilakukan. Marah bukanlah suatu hal yang salah, tapi jika tidak dikendalikan marah akan membuat dampak negatif bagi siapapun. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya sahabat.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post