PAM Angkatan ke-8, 133 Santri Nuris Siap Mengabdi dan Berdakwah

Latihan dan Praktik Terjun di Masyarakat, Membangun Diri jadi Manusia yang Alim dan Berguna

Pesantren Nuris – Upacara pelepasan santri Pesantren Nuris Jember dalam agenda PAM (Program Abdi Masyarakat) tahun 2020 berlangsung khidmat pada hari Minggu, 16 Februari 2020 kemarin, di lapangan utama Pesantren Nuris Jember.

Dipimpin langsung oleh Pengasuh Pesantren Nuris Jember, Gus Robith Qoshidi, seremonial pelepasan 133 peserta PAM yang terdiri dari siswa kelas XI MA Unggulan Nuris tersebut ditandai dengan penyematan jaket almamater PAM kepada salah satu santri sebagai simbolisasi.

Setelah peresmian pemberangkatan PAM 2020, KH. Muhyiddin Abdusshomad memberikan tausiyah tentang pentingnya melaksanakan PAM sebagai program unggulan dalam melatih mental mengabdi dan dakwah saat terjun langsung di masyarakat.

“PAM ini adalah bagian dari usaha Pesantren Nuris Jember untuk mengader, melatih, dan mempersiapkan juru dakwah yang hidupnya mulia di tengah masyarakat seperti yang terdapat dalam lagu Mars Nuris yang tadi dinyanyikan.” Tutur KH. Muhyiddin.

(baca juga: PAM MA Unggulan Nuris 2019, Mengajar Alquran dan Kitab Kuning hingga Mapel Umum)

“Tolong jaga nama baik almamater selama pengabdian di pesantren masing-masing. Kalian ibarat uswatun hasanah, yang nantinya akan dicontoh sikap dan perbuatannya. Jadi tunjukkan jika kalian benar-benar bisa berguna bagi masyarakat sekitar dengan ilmu yang dimiliki.” Imbuhnya.

Sebagai agenda tahunan, pelaksanaan PAM yang ke-8 ini, merupakan upaya melatih dan praktik santri untuk memiliki mental yang bagus ketika terjun di masyarakat. Mereka dibekali dengan berbagai pengetahuan tentang amalan keaswajaan dan micro teaching.

Menurut Ustad Rofiki Fahim, selaku penanggung jawab PAM tahun 2020 kali ini, “kurang lebih sebulan mereka mendapat pembekalan sebelum PAM. Itu dengan tujuan memberikan wawasan agar dalam pelaksanaan PAM nanti bisa mengajar, beradaptasi, dan memberikan kesan yang baik.”

Pelaksanaan PAM ini dimulai sejak upacara pelepasan pada hari Minggu 16 Februari sampai dengan 15 Maret 2020. Secara keseluruhan terdapat 133 santri (siswa kelas XI MA Unggulan Nuris) dengan rincian 75 santri putri dan 58 santri putra. Mereka dibagi dalam kelompok sekitar 10 atau 11 orang per kelompok yang ditempatkan dalam 13 lokasi.[AF.Red]

Dokumentasi peserta PAM putra tahun 2020
perwakilan santri putri saat peresmian pelepasan PAM tahun 2020
perwakilan santri putra saat peresmian pelepasan PAM tahun 2020
Related Post