Tidak Percaya Diri Sebab Tinggi Badan? Baca Tips Cara Alami Meninggikan badan Berikut!

Penulis: Deli Anisa Virca*

Tinggi badan merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri pada diri seseorang. Memiliki tinggi badan yang ideal merupakan keinginan setiap orang. Namun menurut kedokteran faktor gen dan keturunan mempengaruhi tinggi badan seseorang hingga 60-80% sedangkan 20-40% dipengaruhi oleh lingkungan seperti nutrisi, tingkat kesehatan dan aktivitas fisik.

Umumnya batas pertumbuhan laki-laki berakhir pada usia 18 tahun, sedangkan bagi pertumbuhan perempuan pada usia 14-16 tahun. Memang setelah melewati batas usia pertumbuhan akan sulit untuk menambah tinggi badan. Namun, jangan khawatir sahabat, ada beberapa cara mudah untuk membantu menambah tinggi badan kita sahabat. Simak beberapa tips di bawah ini.

(Baca juga: Tips ber-tahun baru ala santri)

Pertama, asupan nutrisi yang sesuai. Dalam pertumbuhan terutama pada pertumbuhan badan kita membutuhkan banyak Kalsium, vit D, protein dan zat besi. Sahabat bisa mendapatkan nutrisi-nutrisi tersebut ketika mengonsumsi susu, telur, daging, ikan, keju, susu kedelai, dan lain sebagainya. Nutrisi-nutrisi ini membantu dan mengandung insulin growth factor yaitu hormon pertumbuhan badan.

Kedua, tidur cukup. Ketika tidur tubuh kita memproduksi hormon pertumbuhan manusia HGH. Maka dari itu terlalu sering begadang dapat mengurangi tubuh memproduksi hormon tersebut.

Ketiga, lakukan beberapa peregangan. Sebelum dan setelah tidur sebisa mungkin sahabat biasakan untuk melakukan peregangan. Seperti berdiri jinjit lujurkan tangan ke atas setinggi mungkin lakukan kira-kira selama 10 detik sebanyak 5 kali dan peregangan lainnya.

Keempat, bersepeda. Trik bersepeda dengan tujuan menambah inggi badan ialah ketika bersepeda atur tinggi sadel sekira kaki kita sedkit kesulitan menjangkau pedal. Dengan begitu otot dan tulang kaki kita akan tertarik untuk tetap tumbuh.

Kelima, berenang. Karena ketika berenang secara tidak langsung kita melatih seluruh otot-otot sehingga tubuh kita terus memicu hormon pertumbuhan.

(Baca juga: Tips memilih motif hijab untuk remaja)

Keenam, perbaiki postur tubuh. Semakn menua usia semakin memendek pula postur tubuh manusia. Maka dari itu sebisa mungkin kita menjaga postur tubuh kita seperti cara duduk, cara berdiri dengan tegak.

Nah, itulah beberapa tips mudah yang dapat kita jadikan referensi untuk menambah tinggi badan. Sebelum itu, kita harus mengerti dengan cara-cara ini bukan menambah tinggi sepenuhnya seperti pada usia sebelum batas pertumbuhan namun apa salahya jika kita berusaha meskipun hasilnya tidak seberapa. Selamat mencoba sahabat.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post