Bakti Sosial Peduli Sesama oleh Pengurus Alumni Nuris Wilayah Jember bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

Penulis: Ayu Novita Sari*

“Belas kasihan mengikat kita satu sama lain. Bukan rasa kasihan, tetapi sebagai manusia yang harus belajar bagaimana mengubah penderitaan menjadi harapan untuk esok hari”.

Bekerjasama dengan perangkat desa, kepala dusun, kepala RT, masyarakat setempat serta pihak berwajib (polisi) Dusun Prapah, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, kegiatan bakti sosial yang berlangsung 10 Mei 2020 ini berjalan dengan lancar. Acara yang direncanakan berlangsung 9 Mei 2020 ini di undur satu hari dikarenakan pada tanggal 10 akan diadakan penyemprotan disinfektan massal ke semua RT, akan lebih efektif jika digabungkan dengan acara bakti sosial tersebut.

Bakti sosial pembagian sembako ini merata di setiap RT di Dusun Prapah, Kecamatan Panti tanpa ada pengecualian. Bantuan ini langsung diberikan pada yang lebih membutuhkan. Senyum manis hadir di mimik wajah masyarakat dengan hadirnya panitia untuk membantu mereka walaupun tidak banyak tetapi sedikit membantu masyarakat dalam masalah ekonomi yang mereka alami. Sedikit banyaknya tidak mereka lihat, tetapi ikhlas dan kepedulian yang mereka harapkan. Sapa hangat mereka menghadirkan senyum sumringah dalam lekuk wajah panitia.

(baca juga: Pengaruh Kesalehan Orangtua atau Guru terhadap Anak)

Panitia yang berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan ini bukan hanya panitia inti saja tetapi semua anggota dari ketiga PW (Pengurus Wilayah) Jember (IKMARIS, FORMARIS, dan KOPIMANIS) ikut serta dalam menyukseskan acara ini. Kekompakan dan disiplin mereka terapkan agar tidak ada lecet dalam kegiatan yang sudah terancang rapi.

(baca juga: Peringati Hardiknas 2020 dengan Ngobrol bareng Alumni secara Virtual)

“Kolabirasi kegiatan PW Jember dan beberapa elemen yang bersangkutan ini, bermaksud untuk memberi contoh kepada masyarakat agar kita tetap saling bekerja sama dan tidak ada kesalah pahaman dalam kegiatan bakti sosial ini. Kegiatan sosial yang melibatkan banyak orang ini tetap menjalankan anjuran pemerintah seperti tidak bergerombol karena kita tersebar ke beberapa RT dan tetap menggunakan masker dan membawa cairan disinfektan” ujar Risky Dwi Pangestu selaku ketua panitia kegiatan bakti sosial ini.

Niat dan rencana yang sudah dipikirkan akan berjalan secara lancar tanpa kendala jika memang benar-benar mengikuti aturan dan anjuran. Bakti sosial ini adalah bentuk peduli kasih dari PW Jember melihat keadaan masyarakat terdampak Covid-19 ini. Kegiatan ini juga untuk memotivasi orang-orang yang terbilang masih mampu dalam bidang ekonomi untuk membantu saudara kita yang membutuhkan. Kerjasama ini juga sebagai ajang persatuan sosial dan pemikiran ketiga PW yang ada di Jember untuk merangkai kegiatan bermanfaat lagi ke depannya.[]

*Penulis adalah alumni SMA Nuris Jember tahun 2019, kini sedang melanjutkan studi sarjana di FIB UNEJ

Related Post