Dear Nathan, Novel Tentang Cinta dan Keluarga

Judul Buku: Dear Nathan
Pengarang: Erisca Febrianti
Penerbit: Best Media
Tahun Terbit : Maret 2016
Jumlah Halaman: 528 Halaman
Peresensi:
Rintan Setyo Minarti*

Sinopsis

Novel Dear Nathan menceritakan tentang  dua siswa laki-laki dan perempuan yang memiliki kepribadian yang sangat berbeda. Mereka dipertemukan di bangku SMA. Gadis lugu Salma yang selalu takut kalau berbuat salah tapi pindah ke sekolah barunya yang penuh dengan anak-anak yang notabene nakal dan urakan.

Hal ini membuat Salma sangat tidak nyaman, terlebih saat hari pertamanya dia harus telat sekolah. Namun saat itu dia lolos dari hukuman karena dibantu seorang cowok bernama Nathan, si pembuat onar. Keduanya semakin akrab, Nathan merasa Salma memiliki pengaruh positif terhadap dirinya, sehingga dia ingin selalu dekat dengan Salma.

(Baca juga: Resensi Novel Wajah Terakhir)

Semakin sering menghabiskan waktu bersama, rupanya keduanya memiliki perasaan yang sama tapi tidak diutarakan. Kisah mereka pun berlanjut, juga hal-hal lain yang tak terduga muncul, ternyata Nathan memiliki saudara kembar yang sudah meninggal dan ibu Nathan mengalami stress berat gara-gara kematian saudara kembar Nathan.

(Baca juga: Sunset dan Rosie sebuah novel tentang penantian panjang)

Kelebihan

Masa remaja putih abu-abu memang sudah sering diangkat ke dalam sebuah novel, namun kisah dalam novel Dear Nathan ini berbeda. Di dalamnya tak hanya mengangkat tentang sisi percintaan antar pelajar, namun juga sisi lain seperti kenakalan remaja, latar belakang keluarga, parenting, dan lain-lain. Cover novel sangatlah menarik apalagi untuk kalangan remaja.

Kekurangan

Banyak penggunaan diksi yang tidak pas pada novel Nathan ini, seringkali pembaca menemukan pemilihan diksi yang tidak pas saat membacanya.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post