Terbiasa Biaya Sendiri Saat Kuliah, Raih Sarjana Kala Pandemi, Berniat Buka Usaha Kuliner

Tahu Getirnya Orangtua Mencari Nafkah, Semangat Tuntaskan Kuliah Bidang Akuntansi

Pesantren Nuris – Kala pandemi yang masih mengancam dunia, semangat untuk meraih cita-cita harus tetap diperjuangkan. Seperti salah satu alumni Nuris ini, dengan bangga menyabet gelar sarjana akuntansi di salah satu kampus kenamaan di Madura, di tengah kesibukan bekerja untuk memenuhi biaya kuliahnya. Siapakah gerangan, yuk ikutin profilnya!

Sosok gadis ini terbilang ulet dan bersemangat tinggi dalam meraih cita-cita. Namanya Wahidah, lulusan SMA Nuris Jember, jurusan IPS, tahun 2016 silam. Seusai nyantri di Pesantren Nuris Jember dan menamatkan studi menengah atasnya di SMA Nuris Jember, dia melanjutkan studi di Universitas Wiraraja, Sumenep, Madura, jurusan akuntansi.

Pilihan kembali ke Madura dan ambil jurusan akuntasi karena ingin tak jauh dari orang tua yang berada di Pulau Kangean, Sumenep Madura, serta termotivasi dari guru di SMA Nuris Jember untuk mendalami ilmu akuntansi tersebut.

“Dekat dengan orang tua bukan berarti saya bergantung pada mereka saat kuliah. Justru membuat saya termotivasi bekerja serabutan di sela rutinitas kuliah. Selama itu positif saya kerjakan misalnya, jual beli online, kuliner, dan menerima jasa belanja online. Ya, alhamdulillah dari apa yang saya dapatkan cukup membantu orantua dalam biaya kuliah.” Tutur Wahidah.

(baca juga: Jadi ASN di Balikpapan, Alumni Ini Lulusan Magister Pendidikan)

Perlahan dan pasti studi sarjananya dapat dituntaskan usai gadis kelahiran Sumenep, 01 Agustus 1997 tersebut merampungkan skripsi berjudul “Praktik Pembiayaan Musyarakah pada PT. BPRS Bhakti Sumekar Sumenep”. Usai disidang oleh dewan dosen penguji secara virtual pada tanggal 20 Agustus 2020 lalu, akhirnya dia dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan, IPK 3,20.

“Meski informasi terkait wisuda resmi belum ada kabar pasti, namun dengan kelulusan lewat sidang ini perlu saya syukuri. Saya sudah meraih gelar sarjana dan berharap segera mendapat kesibukan lain dalam bekerja.” Imbuhnya.

Dia menambahkan lagi, “ternyata memang susah payah ya bekerja itu. Saya yakin orantua kita sama dalam mencari nafkah. Dari situ saya tergerak untuk membagi waktu antara kuliah dan kerja sambilan. Ke depan saya ingin membuka usaha kuliner, membuka warung makan, semoga dimudahkah.”[AF.Red]

Nama                    : Wahidah

Lembaga              : SMA Nuris Jember, jurusan IPS, tahun 2016

Kuliah                   : Universitas Wiraraja Sumenep, jurusan akuntansi   

Related Post