Selain Mengatasi Mata Bengkak, Mentimun Punya Sejuta Manfaat Lain Loh!

Penulis: Deli Annisa Virca*

Sebagian orang mengenal mentimun sebagai tumbuhan yang jika dikonsumsi oleh orang penderita darah rendah, akan mengakibatkan pusing. Juga getahnya dapat mengakibatkan keputihan menjadi gatal. Namun, pada dasarnya semua tumbuhan itu memiliki manfaat bagi tubuh kita. Begitupun mentimun, selain buahnya segar, tubuhan yang biasanya digunakan untuk lalapan ini juga banyak manfaat loh.  Nah berikut ini kita akan merangkum manfaat mentimun bagi tubuh, yuk simak!

Pertama, mentimun mengandung 0,65% protein, 0.1% lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2%. Juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Bahkan, biji mentimun sendiri mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti, yang berfungsi untuk mengobati anak-anak yang menderita cacingan.

(Baca juga: Ini dia lima manfaat daun pepaya)

Kedua, biji mentimun juga diyakini mampu meredakan radang tenggorokan. Caranya, cukup dengan mencampurkan biji mentimun dengan sedikit garam dan dikumur selama beberapa kali sehari.

Ketiga, mentimun merupakan sumber vitamin K yang baik. Satu cangkir mentimun mengandung 22 persen dari asupan harian yang disarankan untuk vitamin K. Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan tulang, karena asupan vitamin K yang rendah telah dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi.

Keempat, mentimun juga mengandung silikon, fluorin, dan kalium, dan memiliki kadar kalori yang rendah, sehingga manfaat timun mampu membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak di dalam tubuh.

(Baca juga: Manfaat alpukat untuk kecantikan kulit)

Kelima, mentimun juga memiliki kemampuannya untuk mengatasi mata bengkak. Mata bengkak karena tidur terlalu larut atau mata lelah akibat bekerja di depan komputer terlalu lama. Caranya, iris tipis mentimun dan taruhlah di kedua mata, lakukan sambil berbaring selama 15 menit. Cukup mudah bukan!

Keenam, mentimun juga memiliki kandungan lignan dan cucurbitacun, yang berguna bagi kesehatan adalah kemampuannya melindungi tubuh dari kanker. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan, salah satu kandugan mentimun yang mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat adalah flavonoid fisetin.

Wah itu tadi enam manfaat mentimun yang dapat kami rangkum sahabat, mulai saat ini jangan ragu mengkonsumsi mentimun ya. Semoga bermanfaat!

Penulis merupakan siswa kelas XII IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post