Mochtar Lubis Sastrawan dari Padang

Penulis: Juwita Indah P.*

Motchtar Lubis lahir di Padang, Sumatra Barat,7 Maret 1922 belia adalah penulis novel dan cerpen ,penerjemah, pelukis dan seorang jurnalis ternama asal indonesia

Beliau merupakan anak dari pasangan raja pandapotan lubis dan siti madinah nasution.ayah beliau terkenal sebagai bangsawan  suku mandailing yang di gelari pandapotan. mochtar lubis merupakan anak keenam dari 10 bersaudara.

(Baca juga: opick berdakwah melalui lagu religi)

Pengalamannya dalam menulis tidak main main ,mulai beliau mendirikan majalah harian kemerdekaan ,pemimpin redaksi di majalah horizon dan sederet pengalaman lainnya.

Kekhasan karya karya Mochtar Lubis terdapat pada unsur humornya dan yang di munculkan dalam karyanya adalh cerita dengan latar evolusi seperti karyanya berjudul”jalan tak ada ujungnya,tiadak ada esok, serta maut dan cinta. Cerita-cerita beliau dikumpulkan dan terbitkan dalam bentuk kumpulan cerpen yang berjudul ” si jamal.

(Baca juga: oki setiana dewi muda bertalenta sosok inspiratif muslimah indonesia)

Kepandaian Mocthar Lubis berbahasa asing juga sangat menunjang pergaulannya dengan pengarang -pengarang asing seperti A.Vicents Compions, Manual Pacheco ,Dan Albearto F. Orlandini

Novel Karya Mochtar Lubis:

1. Jalan Tak Ada Ujung 1952

2.Tak Ada Esok 1950

3.Tanah Gersang 1964

5.Senja Di Jakarta 1970

6.Maut Dan Cinta 1977

7.Harimau! Harimau! 1978

Cerpen Mochtar Lubis:

1. Perempuan 1956

2.Kuli Kontrak 1982

3.Bromocorah 1983

Penulis merupakan siswa kelas XI IPS 3 SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post