Kecil yang Banyak Khasiat!

Penulis: Juwita Indah Permata*

Assalamualaikum sahabat santri, bagaimana kabar kalian? semoga selalu sehat dan bahagia . kalian tahu gak apa itu daun katuk? daun katuk merupakan sayuran yang sering ditemui di sekitar rumah, seringkali diolah sebagai olahan makanan seperti sup dan lainnya. Tak hanya itu daun katuk memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan loh. yuk simak!

(Baca juga: manfaat daun kemangi)

Pertama, mengobati flu. Ada beberapa kandungan pada daun katuk yang berfungsi efektif sebagai penyembuh demam dan influenza.dilansiar dari laman organic motion, dan ini memiliki kandungan zat antioksidan yang tinggi berperan penting dalam meredakan flu.disamping itu, daun ini kaya akan vitamin C sehingga mampy meningkatkan daya tahan tubuh .membentuk kolagen sehingga mengatur kadar kolestrol

Kedua, mencegah osteoporosis. Kandungan kalsium dan zat besi pada daun katuk berfungsi dalam mencegah osteoporosis.selain itu,kandugannya berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

(Baca juga: ini dia 5 manfaat memelihara kaktus)

Ketiga, melancarkan asi. Daun katuk memiliki kandungan kimia sterol inhalasi yang mampu memberikan efek hormonal yang memicu produksi asi.juga daun katuk memiliki kandungan sejumlah asam amino,vitaminB,vitaminC, zat besi dan fosfor yang penting dalam melembutkan tekstur asi. sehingga daun katul sangat cocok untuk di konsumsi bagi wanita hamil dan menyusui.

Keempat, menjaga kesehatan mata. Mengandung vitamin A yang tinggi sehingga penting dalam meningkatkan pertumbuhan sel , menjaga kesehatan kulit dan mencegah penyakit mata .apabila secara teratur mengonsumsi daun katuk dengan sudah dimasak.

Kelima, mencegah penyakit jantung. Kandungan pada daun katuk mampu berperan dalam menguragi tekanan darah. selain itu, beberapa kandungan lainnya berfungsi sebagai menurunkan penyakit kronis sepeti jantung.

Kelima, mengatasi anemia. Anemia merupakan kondisi diman sel darah merah lebih rendah dari pada jumlah normal.ekstrak daun katuk berperan sebagai untuk meningkatkan efisiensi absorsi saluran pencernaan, sehingga mengonsumsi daun katuk secar teratur dapat mengatasi masalah anemia. sehingga mengonsumsi daun katuk dilakukan secara teratur dan tidak berlebihan. Nah itu tadi beberapa manfaat dari daun katuk untuk kesehatan, semoga bermanfaat ya.

Sumber gambar: m.merdeka.com

Penulis merupakan siswa kelas XI IPS 3 SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post