Pesantren Nuris Jember, Putihkan Hari Santri

Selamat Hari Santri Nasional, Santri Sehat Indonesia Kuat!

Pesantren Nuris- Pada 2015 lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015 tentang Penetapan Hari Santri Nasional.

Dan Presiden Jokowi memilih 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional, hal ini bertujuan untuk mengenang jasa dan perjuangan umat Islam, para santri, hingga pondok pesantren dalam melakukan perlawanan terhadap agresi militer Belanda kedua.

Kala itu, Pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadratus syaikh Hasyim Asyari menyatakan resolusi jihad dengan mengajak seluruh umat Islam melawan penjajah pada 22 Oktober 1945. Fatwa resolusi jihad tersebut berhasil mengobarkan api semangat perjuangan umat Islam dalam melawan penjajah dan akan mati sahid bila gugur dalam perjuangan. (Okezone.com)

(Baca juga: yuk ikutan webinar dengan tema kesehatan mental lansia oleh sekolah eyang ledokombo jember)

Biasanya pada 22 Oktober seluruh santri di Indonesia mengadakan upacara bendera, untuk memperingati Hari Santri Nasional. Begitupun Pesantren Nuris Jember, namun ada yang berbeda pada tahun ini. Pandemi covid-19 yang sedang melenda benar-benar berdampak pada banyak bidang, baik pendidikan, ekonomi, dan lain-lain.

Oleh karenanya pada tahun ini Pesantren Nuris Jember tak melaksanakan upacara bendera seperti biasa, hanya saja untuk tetap memperingati hari santri Pesantren Nuris Jember yang saat ini mengikuti maklumat pemerintah tentang keputusan pesantren new normal, memperingatinya dengan meminta kepada seluruh santri untuk mengenakan baju putih berkopyah hitam untuk santri putra, dan baju hitam putih berjilbab putih bagi putri.

Selain itu, pesantren juga mengadakan lomba kecil-kecilan seperti lomba tilawah, tartil, hingga tahfidz Al Quran mulai dari yang jenjang 1 juz hingga 10 juz Al Quran. Semoga pandemic covid-19 ini segera berlalu, dan kita semua dapat kembali menjalani kehidupan sebagaimana biasa.

Kami Keluarga Besar Pesantren Nuris Jember Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional 2020, Santri Sehat, Indonesia Kuat! [Red.Dev]

Related Post