Youtuber Muslimah, Inspirasi Wanita Indonesia

Penulis: Nur Tasya Diana Fatin Nabila*

Siapa sih yang tidak kenal dengan artis muda bernama Ria Ricis  yang kerap dikenal orang-orang dengan Ricis. Berikut ini adalah biodata Ria Ricis.

Nama lengkap             : Ria Yunita
Nama Panggilan          : Ricis
Tempat, tanggal lahir : Batam, 1 Juni 1995

Ria Ricis terlahir dari keluarga sederhana. Ayahnya yang bekerja sebagai karyawan, bernama Sulyanto, dan Ibunya sebagai ibu rumah tangga bernama Yunifah Lismawati. Ricis anak terakhir dari 2 saudara perempuan. Anak pertama Oki Setiana Dewi, juga merupakan artis ternama yang sudah berkeluarga, serta anak kedua Shindy Kurnia Putri yang berprofesi sebagai dokter.

(Baca juga: nissa sabyan, pelantun sholawat era milenial)

Namun, kesuksesan yang diraihnya Ricis hingga sekarang bukanlah semata-mata mendompleng nama besar kakaknya yang lebih dulu terjun di dunia keartisan, melainkan dari ide kreatifnya  dapat membuat konten youtube .

Perjalanan karier Ria Ricis. Ricis menghabiskan masa SD dan SMP nya di Batam . Sejak SMP Ricis sudah mulai mandiri. Ricis sekolah sambil bekerja. Saat itu pekerjaan pertamanya sebagai pelayan restoran di Batam.Setelah lulus  SMP, ia kemudian memilih SMK agar setelah lulus bisa langsung bekerja.

Kemudian pada tahun 2005, ia beserta 2 saudara mengikuti orang tuanya pindah ke pulau Jawa  dan menetap di Depok Jawa Barat. Setelah lulus SMK Ricis kemudian mencoba mengikuti casting sebagai artis, namun gagal setelah beberapa kali mencoba. Ricis kemudian mencoba aktif  di Instagram.

(Baca juga: kisah inspiratif dari wirda mansyur)

Di sana ia aktif membuat berbagai macam konten menarik di Instagram, terutama mengenai Squishy. Dengan kontennya itu ia cepat mulai di kenal di Instagram. Ricis pun di kenal sebagai selebgram dengan jutaan followers di Instagram.Dari sana pula ia sudah mulai mendapatkan pundi-pundi rupiah dari jasa endorse atau mempromosikan produk di Instagramnya.

Ricis juga banyak disukai karena multitalennya sebagai seniman, selebgram, bahkan youtuber, dan ia dikenal sebagai salah satu youtuber wanita Indonesia yang berhasil memiliki banyak subscriber di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Bahkan kabarnya Ricis youtuber di Indonesia dengan penghasilan paling besar.

Pada awal mulanya,ia tidak sengaja menjadikan akun youtube sebagai sumber penghasilannya. Awalnya,ia hanya sering mengupload vidio tentang membuat Squishy di Instagramnya,dan  ia bahkan sampai dijuluki sebagai ratu Squishy. Berawal dari iseng-iseng belaka, Ria Ricis berhasil menemukan cara untuk menghasilkan uang banyak. Dan saat ini konten-konten di youtubenya semakin beragam. Wah menginspirasi sekali ya? Mungkin sahabat santri ada yang ingin menjadi youtuber seperti Ricin?

Sumber gambar: liputan6.com

Penulis merupakan siswa kelas X IPA 3 SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post