Wow Dahsyat, SMK Nuris Jember Borong Piala Poster Nasional di Ajang Digital Education Jakarta

Pertama Kali Ikut Serta, Langsung Dapat Juara, Butuh Waktu Lima Hari Siapkan Konsep Poster Bertema “Perkembangan UMKM di Indonesia”

Pesantren Nuris – Tiga siswa SMK Nuris Jember ini benar-benar membanggakan. Pasalnya, borongan prestasi mereka di ajang Digital Education Jakarta yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi dan Bisnis BRI atau dikenal juga dengan BRI Institute secara daring pada tanggal 18 November 2020 kemarin menambah koleksi piala nasional yang dimiliki oleh SMK Nuris Jember.

Para siswa berprestasi tersebut yakni, M. Naufal Zaki F., siswa kelas XI TI Axioo sebagai peraih juara 1; M. Iqlil Husni Fuad, siswa kelas XI TI Axioo sebagai juara 2; dan Miftahul Huda, siswa kelas XI TI Axioo sebagai juara 3. Mereka memborong semua piala poster nasional yang bertema “Perkembangan UMKM di Indonesia”.

Perlombaan yang dilaksanakan secara daring ini dimulai sejak tanggal 13 November 2020 lalu untuk pengumpulan karya melalui akun instagram masing-masing peserta. Unggahan poster tersebut disertai dengan hastag #BRIInnovate #DigitalEducation dan #DiesnatalisBRI dan menandai akun panitia yakni, BRI Institute.

(baca juga: Raih Juara 2 Poster Nasional di UNS Surakarta, Dua Siswa SMK Nuris Jember ini Jago Desain Grafis)

Pengumuman lomba ini juga dilakukan secara daring yakni, konfirmasi via grup whatsapp pada hari Rabu, 18 November 2020 pukul 10.00 WIB. “Saya tidak menyangka sebelumnya, ternyata saya juara 1. Dan bersyukur lagi teman-teman saya juara juga. Kami bisa membanggakan almamater SMK Nuris Jember di ajang poster nasional.” Tutur Naufal.

“Ini ajang poster pertama yang saya ikuti dan langsung tingkat nasional. Alhamdulillah saya sangat senang sekali dapat juara. Meski dengan akses internet dan media terjadwal serta tak sebebas anak-anak lainnya karena kami di pesantren, tak menyurutkan semangat kami untuk berkreasi. Akhirnya muncullah ide soal UMKM sesuai tema lomba poster ini yang dikaitkan dengan fenomena pandemi covid-19.” Imbuhnya.

Butuh waktu sekitar 5 hari dalam mengolah konsep dan menuangkan ide itu ke dalam poster. Dunia UMKM memiliki dampak paling besar terait dengan wabah pandemi covid-19 yang berkepanjangan  ini. Dengan pembimbingan yang intensif bersama pembina ekstrakurikuler desain grafis yang profesional, akhirnya karya poster ini rampung dan siap dilombakan.

Ketiga siswa ini adalah siswa khusus yang mengikuti program kelas Axioo di SMK Nuris Jember. Program unggulan ini sangat support terhadap perkembangan teknologi digital sehingga mereka memiliki wawasan dan pengalaman memanfaatkan teknologi digital secara tepat dan bermanfaat. Termasuk menggarap ide poster pemertahanan UMKM dengan teknologi yang membuat mereka mampu memborong piala poster nasional tersebut.[AF.Red]

poster karya M. Nuafal Zaki F. sebagai juara 1
Poster karya M. Iqlil Husni Fuad juara 2
poster karya Miftahul Huda sebagai juara 3
foto Miftahul Huda, sebagai salah satu juara poster nasional (juara 3)
Related Post