Raih Juara 1 Essay Tingkat Nasional, Siswa SMA Nuris Jember Gagas Sumber Energi Ramah Lingkungan

Tetap Berprestasi di Tengah Pendemi, Siswa SMA Nuris Jember Tak Berhenti Berinovasi

Pesantren Nuris- Masa pandemic covid-19 masih berjalan hingga kini, namun hal tersebut tentu tidak menurunkan semangat siswa SMA Nuris Jember untuk terus berkarya dan berinovasi. Melalui lomba yang diadakan dalam bentuk online, siswa SMA Nuris Jember kembali berhasil meraih juara 1 lomba essay tingkat nasional yang diadakan oleh himpunan mahasiswa KIM  Univ PGRI Madiun. Pada 11 Januari 2021 lalu.

(Baca juga: yuk simak capaian prestasi santri nuris semester ganjil tahun ajaran 2020-2021)

Mereka adalah Tegar Ramadani dari kelas XII IPA 1 dan Alyaa Nur Karimah dari kelas X IPA 1 SMA Nuris Jember. denagan judul karya, POLINASA “The Power Of Bioetanol From Nicotiana (Batang Tembakau) and Musa (Batang Pisang) With Multiple Destilation”

Tegar mengungkapkan, idenya ini datang dari keberadaan sumber energi fosil yang semakin hari semakin berkurang karena termasuk sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui, akhirnya ia dan temannya mendapat ide untuk menggagas pemanfaatan limbah batang tembakau dan daun buah nanas, sebagai sumber energi ramah lingkungan. 

“Ini bentuk keperihatinan kami dengan kondisi energi global, khususnya di Indonesia yang disebutkan oleh Kementerian ESDM bahwa sumber energi minyak bumi diperkirakan hanya mampu diolah sampai 12 tahun ke depan. Nah, kondisi ini kita butuh inovasi sumber energi yang sekiranya dapat dibuat dan juga ramah lingkungan seperti memanfaatkan kandungan etanol pada limbah pertanian.” ujar Tegar.

(Baca juga: dua siswa rebut juara news reading ma unggulan nuris benar-benar go international)

“Alhamdulillah saya bersyukur sekali, akhirnya kami bisa kembali mendapatkan juara. Dan kai ini juara 1. Semoga kedepannya kami bisa kembali berinovasi dalam ajang-ajang lomba lainnya. Terimakasih kepada lambaga SMA Nuris Jember yang telah mewadahi bakat dan minat kami, juga kepada Ekstrakurikuler Karya Tulis Ilmiah yang telah menyediakan tentor berkualitas untuk kami, tentunya juga kepada kedua orang tua kami, dan guru-guru kami, terimakasih atas dukungannya,” ungkap Alya menambahkan. [Red.Dev]

Pengumuman Pemenang Lomba
Related Post