Raih Juara 1 Essay Tingkat Nasional di Jambi, Siswa SMA Nuris Jember Ini Keren!

Tak Pernah Menyerah, Siswa SMA Nuris Jember Ini Selalu Punya Ide Cemerlang

Pesantren Nuris- Menjadi siswa berprestasi teruntunya menjadi impian para siswa di Indonesia, bahkan dunia. Salah satu SMA Nuris Jember ini tak pernah menyerah dan berhenti berusaha untuk menggapai yang ia impikan. Beberapa medali dan piala di berbagai ajang lomba sudah ia kantongi, dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional.

Siapa lagi, ia adalah Tegar Ramadani. Siswa kelas XII IPA 1 SMA Nuris Jember ini merupakan salah satu siswa andalan di SMA Nuris Jember. Ia aktif di ekstrakurikuler karya tulis ilmiah. Beberapa ajang lomba sudah pernah ia ikuti, dan tak jarang mendapat juara.

(Baca juga: kegigihan dan proses kreatif panjang siswa sma nuris jember taklukkan festival sains dan budaya 2021)

Pada 20 Januari 2021lalu ia kembali mengikuti lomba essay di ajang lomba Gebyar Kimia Polimer Tingkat Nasional yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Kimia Universitas Jambi. Pengumpulan karya dilakukan melalui email pada 20 Januari 2021, kemudia untuk pengumuman  pemenang pada Minggu, 28 Februari 2021lalu melalui live instagram kimia polimer.

Tegar kembali berhasil meraih juara 1. Dengan mengangkat judul karya POLINASA “The Power Of Bioetanol From Nicotiana (Batang Tembakau) and Musa (Batang Pisang) With Multiple Destilation”

Tegar mengungkapkan, idenya ini datang dari keberadaan sumber energi fosil yang semakin hari semakin berkurang karena termasuk sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui, akhirnya ia dan temannya mendapat ide untuk menggagas pemanfaatan limbah batang tembakau dan daun buah nanas, sebagai sumber energi ramah lingkungan. 

“Ini bentuk keperihatinan kami dengan kondisi energi global, khususnya di Indonesia yang disebutkan oleh Kementerian ESDM bahwa sumber energi minyak bumi diperkirakan hanya mampu diolah sampai 12 tahun ke depan. Nah, kondisi ini kita butuh inovasi sumber energi yang sekiranya dapat dibuat dan juga ramah lingkungan seperti memanfaatkan kandungan etanol pada limbah pertanian.” ujar Tegar.

(Baca juga:kembangkan energi terbarukan dan ramah lingkungan, dua- tim lkti ma unggulan nuris borong juara nasional)

Siswa yang kini telah duduk di bangku kelas XII IPA SMA Nuris Jember ini mengaku ingin melanjutkan kuliah di jurusan Agroekoteknologi, dan kedepannya ia ingin kembali mengikuti ajang lomba di bidang karya tulis ilmiah, “Harapan saya kedepannya semoga sya bisa lolos PIMNAS ketika di Perguruan Tinggi nantinya. Mohon doanya ya,” ungkapnya. [Red.Dev]

Related Post