Raditya Dika: Komika, Penulis, Conten Creator, Sutradara dan Pemain Film

Penulis: Juwita Indah*

Dika Angkasaputre Moerwani Nasution yang kerap dengan panggilan Raditya Dika lahir di Jakarta, 28 Desember1984. Raditya Dika adalah seorang penulis, komedi, sutradara, artis juga conten creator atau youtuber.

Raditya Dika anak dari pasangan Joelin Nasution dan Tetty Nasution, ia baru saja menikah dengan Annisa Aziza dan kini telah memiliki dua anak perempuan dan laiki-laki yang bernama Alinea Ava Nasution dan Aksara Asa Nasution.

Pertama ia dikenal sebagai komika, yang aktfi di stand up comedi, ia bahkan sempat menjadi juri di ajang stand up komedi di Kompas TV. Selain sebagai komika ia juga menulis buku, buku pertamanya berjudul Kambing Jantan, Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh (2005), buku ini menjelaskan perjalanan hidupnya pada saat kuliah di Adelaide, Australia.

(Baca juga: maya nabila, muslimah mahasiswa doktoral termuda di ITB)

Cerita ini dibawakan Radith adalah kisah-kisahnya sebagai pelajar Indonesia yang bekuliah di luar negeri. Buku ini ditampulkan dalam buku harian. Isi dari novel yang berjudul Kambing Jantan menceritakan ketika dia menjalani kuliah di Australia ploblem sebagaimana Dika mengalami kesulitan dalam belajar, dan kemunculan Jenny Dickson, dosen bule yang lebih mirip tentara wanita, menambah dilema si kambing dalam menyelesaikan masalah LDR dan kebutuhan keuangannya.

Pertemuaanya dengan teman SD yang membaca tentang judul “Kambing Jantan”, membuka pikirannya bahwa dia bisa menjadi penulis komedi. Akhirnya dia curhat diblognya lalu ia berfikir barangklau curhatannya menjadi sebuah buku. Tetapi kata orang tidak mungkin banget karena curhatannya yang sangat konyol sekali dijadikan sebuah buku, tetapi Dika terus berjuang dan mencoba dan pada akhirnya buku tersebut dapat diterima masyarakat.

Sejak saat itu ia pun berhasil melahirkan banyak karya novel diantaranya Cinta Brontosaurus, Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa, Babi Ngesot: Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang, Marmut Merah Jambu, Manusia Setengah Salmon, Koala Kumal, dan Ubur-Ubur Lembur. Hampir semua novel yang ia tulis diangkat ke layar lebar, dengan ia sebagai sutradara dan pemainnya.

(Baca juga: nissa sabyan: pelantun sholawat era milenial)

Saat ini ia juga menjadi conten creator di youtube pribadinya yakni Raditya Dika, yang sudah memiliki 9,25 juta subscriber.

Sumber gambar: inews.id

Penulis merupakan siswa kelas XI IPS SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post