Hukum Memakai Baju Putih

Penulis: KH Muhyiddin Abdusshomad

Soal: Ketika mengerjakan shalat atau ibadah lainnya, kita dianjurkan untuk menggunakan baju putih. Tidak hanya dalam hal perbuatan ibadah, berpakaian putih juga menjadi seragam berbagai lembaga, seperti sekolah dan lembaga lainnya. Lalu apakah keistimewaan pakaian putih ini? Kenapa Rasulullah SAW sangat menyenangi pakaian putih?

(Baca juga: bagaimana hukum berdiri untuk menghormat seseorang)

Jawab: Tentang keutamaan pakaian putih ini, Rasulullah SAW bersabda:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسِ قَالَ, قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ البَسُوْا مِنْ ثِيَابِكُمْ الْبَيَاضَ فَإِنَّهَا مِنْ خَيْرِ ثِيَابِكُمْ وَكَفِّنُوْا فِيْهَا مَوْتَاكُمْ. (مسند احمد ابن حنبل, رقم 2109)

“Dari Ibn ‘Abbas RA ia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, “Hendaklah kamu memakai baju putih. Karena baju putih itu paling baik bajumu. Dan kafanilah orang mati kamu dengan kain putih.” (Musnad Ahmad bin Hanbal [2109])

Dalam hadits lain disebutkan:

عَنْ سَعِيْدِ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ سَعْدٍ قَالَ. ” رَأَيْتُ بِشِمَالِ النَّبِيَّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ وَيَمِيْنِهِ رَجُلَيْنِ عَلَيْهِمَا ثِيَابٌ بِيْضٌ يَوْمَ أُحُدٍ مَا رَأَيْتُهُمَا قَبْلُ وَلاَ بَعْدُ. (صحيح البخارى, رقم 5378)

“Dari Sa’id bin Ibrahim dari ayahnya, dari Sa’d beliau berkata, “Pada hari peperangan Uhud, saya melihat dua orang yang menggunakan baju putih di sisi kanan dan kiri nabi. Dua orang itu tidak pernah saya lihat sebelum itu, dan tidak pernah saya jumpai lagi sesudah hari itu.” (Shahih Bukhari [5378])  

(Baca juga: bagaimana hukum mengeraskan bacaan dzikir)

Ibn Hajar al-Asqallani dalam kitabnya, Fath al-Bari menjelaskan siapa yang dimaksud dengan dua orang laki-laki dalam Hadits ini. Beliau mengatakan:

تَقَدَّمَ فِي غَزْوَةِ أُحُدٍ وَفِيْهِ تَسْمِيَةُ الرَّجُلَيْنِ وَأَنَّهُمَا جِبْرِيْلُ وَمِيْكَائِيْلُ (فتح الباري, ج 10, ص 290)

“Telah dijelaskan dulu pada (cerita tentang) perang Uhud, bahwa kedua orang tersebut adalah malaikat Jibril dan Malaikat Mikail.” (Fath al-Bari, juz X, hal 290)

Kesimpulannya, pakaian putih merupakan pakaian para malaikat. Karena itu wajar jika Rasulullah SAW sangat menganjurkan untuk menggunakan pakaian putih.

Related Post