Lulus Summa Cum Laude, Kisah Inspiratif Alumni Nuris Kuliah Sambil Bekerja dan Raih Beasiswa

Tekad Raih Gelar Sarjana meski Biaya Mandiri, Penelitian Skripsi setara Tesis, Lulus Membanggakan

Pesantren Nuris – Kisah alumni Nuris meraih gelar sarjana dengan predikat dengan pujian tertinggi atau summa cum laude ini terbilang mengharukan sekaligus inspiratif. Betapa tidak, meski sempat tertatih membiayai kuliahnya, berkat kegigihannya dia mampu lulus membanggakan. Bagaimana kiprahnya, yuk kepoin gaisss!!!

Nama gadis cerdas ini adalah Ulfatur Rohmah. Dia lulusan MA Unggulan Nuris, tahun 2017, jurusan IPA. Setamat dari madrasah yang dipimpin oleh Ning Balqis Al Humairo tersebut, pemudi kelahiran Jember, 27 November 1998 tersebut, melanjutkan studi sarjana di IAIN Jember—kini berganti nama Universitas Islam Negeri KH. Ahmad Sidik (UIN Khas) Jember.

Ambil program studi PGMI, Ulfa, sapaan akrab gadis cantik ini, sempat merasa tak percaya untuk bisa melanjutkan kuliah. Sebab kondisi ekonomi orang tua yang tak begitu memadai, apalagi juga sempat tak lolos jalur beasiswa bidikmisi. Tetapi bukan Ulfa namanya jika menyerah begitu saja, dia tetap bertekad melanjutkan cita-citanya.

Sambil mata berkaca-kaca, Ulfa menuturkan, “sebenarnya memang tak boleh kuliah terkait biaya. Wong saat masih di MA Unggulan Nuris saja sering dapat panggilan khusus. Tetapi saya tetap bertekad kuliah di Prodi PGMI UIN Khas dengan konsekuensi cari biaya sendiri dan beasiswa. Sempat ikut seleksi beasiswa bidikmisi dan tak lolos, saya berjuang lagi.”

(baca juga: Bukan Sekadar Mahasiswa, Alumni SMK Nuris Jember ini Pengusaha Sukses)

Selama kuliah, perempuan yang juga jago berpidato saat masih di MA Unggulan Nuris ini, tinggal bersama saudaranya yang dekat dengan kampus. “Tiap jeda tak ada kuliah saya bantu saudara saya yang sakit. Karena mobilitas saya akhirnya saya fokus kuliah dan merintis usaha untuk membiayai kuliah saya sendiri.” Imbuhnya.

Ketika ada kesempatan beasiswa dari Pemkab Jamber, Ulfa ikut seleksi dan dinyatakan lolos. Bermula dari beasiswa tersebut, ia memutar otak agar uang yang diterima tidak hanya habis buat biaya kuliah dan jajan dengan cara memulai bisnis kaki lima di depan toko waralaba seperti Indomaret. Keuntungan hasil bisnis yang diupayakan tersebutlah yang digunakan untuk biaya kuliah dan berbagai kebutuhan kesehariannya.

“Ya, fokus kuliah dan cari rezeki selama saya di kampus. Tetapi alhamdulillah hasil jerih payah usaha kaki lima dari modal beasiswa ini membuat saya mampu beli laptop dan sepeda motor untuk mobilitas. Kemudian saya fokus mengerjakan skripsi dan segera menuntaskan kuliah sarjana.”

Tepat pada tanggal 6 Juli 2021 lalu, dia menuntaskan sidang skripsi berjudul “Peningkatan Kelancaran Membaca melalui Permainan Flash Cards Siswa Kelas 1A di SDN Karangpring 03 Sukorambi Jember”. Konon, penguji utamanya menyatakan penelitian tersebut layak untuk dilanjutkan menjadi tesis. Tak heran, Ulfa diganjar lulus dengan predikat summa cum laude dengan IPK 3,90.[AF.Red]

Nama                    : Ulfatur Rohmah

Lembaga              : MA Unggulan Nuris, jurusan IPA, tahun 2017

Kuliah                   : UIN Khas Jember, Prodi PGMI  

suasan usai sidang skripi Ulfatur Rohmah bersama dosen penguji

 

Related Post