Yuk Jaga Imun Tubuh Tetap Fit di Musim Hujan

Penulis: Deli Anisa Virca*

Musim hujan sudah mulai melanda sejak pertengahan Oktober 2021 lalu. Apalagi saat ini wabah pandemic covid-19 juga belum mereda, oleh karena itu kita harus benar-benar pandai menjaga imun tubuh kita. Musim hujan menjadi salah satu tantangan karena udara di musim ini tidak menentu,angina kencang, hujan membuat badan terasa meriang sehingga membuat kita begitu mudah terserang flu.

Di Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penderita flu akan mengalami demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, serta batuk. Biasanya flu sering menyerang ketika musim hujan tiba seperti sekarang ini. Nah sahabat santri, berikut adalah tips pencegahan flu yang bisa kita lakukan.

(Baca juga: tips atasi penyakit kulit ala santri)

Pertama, lakukan Vaksinasi Flu. Melakukan vaksin bisa mengurangi risiko kekhawatiran terhadap flu dan mencegah keparahan gejalanya.

Kedua, tingkatkan asupan vitamin C. Vitamin C dikenal mampu mendukung sistem kekebalan tubuh. Kita dapat mendapatkan vitamin C secara alami dari makanan yang dikonsumsi seperti pada paprika, strowberi, tomat, jeruk dan lain-lain.

Ketiga, kurangi stres karena stres yang berlebihan bisa mempengaruhi kesehatan dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, stres bisa membuat tubuh rentan sakit. Maka mengelola stres bisa membantu kita terhindar dari flu.

Keempat, Olahraga secara teratur. Olahraga secara teratur terbukti membantu tubuh lebih sehat.

(Baca juga:lima tips jadi juara)

Kelima, Menyesap Teh Herbal Sebagian besar teh herbal seperti teh hijau, mengandung sifat antibakteri dan antivirus yang bisa membantu mencegah flu dan pilek. Teh Herbal juga mampu menghangatkan ketika hujan turun dan hawa menjadi lebih dingin.

Nah itu tadi beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah flu di musim hujan. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar: medcom.id

Penulis merupakan alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2021

Related Post