Berpengalaman Garap Proyek Internasional Digital Story Telling, Sukses Raih Sarjana Berpredikat Cum Laude

Usai Lulus Membangakan, Alumni Nuris ini Berencana Kuliah Pascasarjana untuk Wujudkan Mimpi Jadi Dosen

Pesantren Nuris – Satu lagi alumni Nuris yang sedang berbahagia dan bangga atas capaian gelar sarjananya. Tak tanggung-tanggung, raih lulusan berpredikat cum laude di bidang tadris bahasa Inggris, punya pengalaman garap proyek internasional digital story telling. Luar biasa banget kan alumni ini. Yuk kepoin profilnya!!!

Bagi alumni yang pernah aktif di kegiatan ekstrakurikuler debat bahasa Inggris dijamin pernah mengenal sosok supel bernama Riza Umami ini. Semasa sekolah SMA Nuris Jember, jurusan IPA hingga lulus tahun 2017 ini, salah satu pentolan dan siswa andalan setiap kompetisi lomba debat bahasa Inggris. Konon, potensi ini dibawa sampai kuliah sarjana di Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq (UIN Khas) Jember.

Tak heran, kala menamatkan studi menengah atas dan nyantri di Pesantren Nuris Jember, pemudi cantik kelahiran Jember, 08 April 1998 ini, tak ragu ambil jurusan tadris bahasa Inggris saat kuliah. “Ya, memang karena suka dengan bahasa Inggris. Bagi saya penguasaan bahasa Inggris dapat membantu saya punya memiliki banyak wawasan dan teman hingga ke luar negeri.” Tutur Riza, sapaan akrabnya.

(baca juga: Jadi Mahasiswa ITS, Alumni ini Ambil Jurusan Kimia)

Pengalaman aktif di kegiatan ekstrakurikuler debat bahasa Inggris di Nuris memberikan bekal yang mumpuni saat ia menempuh pendidikan sarjana. Ia pun melanjutkan mengasah bakatnya dengan aktif di kegiatan organisasi ICIS (Institute of Culture and Islamic Studies) bidang debat bahasa Inggris. Berbagai pengalaman even lomba di berbagai kampus sudah pernah dilakoninya.

Saat menempuh mata kuliah intercultural communication, menjadi momen paling mengesankan yang dirasakan oleh gadis cantik yang bercita-cita menjadi seorang dosen ini. Riza bersama teman-temannya diajak kerja sama dalam penggarapan proyek internasional yang dipimpin oleh dosen UIN Khas Jember bersama koleganya yang berasal dari Nicaragua.

“Ini memang pengalaman yang mengesankan dan menjadi suatu kehormatan tersendiri buat saya. Kebetulan diminta buat proyek digital story telling bersama kolega dosen yang berasal dari Nicaragua. Semua kami jalani dengan suka cita, alhamdulillah berjalan lancar.” Imbuhnya.

Hingga akhirnya tepat pada 23 November 2021 lalu. Riza mampu menuntaskan sidang skripsi di hadapan dua dosen penguji berjudul “Using Case Building Debate Activity to Improve Students’ Writing Skill at Nuris School Jember”. Hebatnya lagi, ia diganjar lulus berpredikat dengan pujian atau cum laude degan capaian Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,80. Luar biasa!!![AF.Red]

Nama                    : Riza Umami
Lembaga              : SMA Nuris Jember, jurusan IPA, tahun 2017
Kuliah                   : UIN Khas Jember, jurusan tadris bahasa Inggris  

Related Post