Akhirnya S.H, Peraih Beasiswa Pemkab Jember Ini Tuntaskan Sidang Skripsi

Angkat Judul Tentang Kepemimpinan Perempuan, Alumni Ini Lulus dengan IPK Cumlaude

Pesantren Nuris- Baru saja menyelesaikan sidang skripsinya, pada 5 Januari 2022 lalu secara offline, alumni SMA Nuris Jember lulusan  tahun 2017 ini mengaku sanagt bersyukur dan bahagia, ini dia kisah selanjutnya!

Novanda Darwis S.J atau yang akrab dipanggil Nova ini dikenal sebagai gadis yang ceria, dan pandai bergaul semasa nyantri di Pesantren Nuris Jember, setelah lulus ia lantas melanjutkan pendidikannya di UIN Khas Jember, Fakultas Syariah, Jurusan Hukum Tata Negara.

(Baca juga: jadi ibu tak membuat alumni ini menyerah selesaikan kuliah lho ini dia kisahnya)

Ia memilih judul “Kepemimpinan Perempuan Dalam Bingkai Ketatanegaraan Di Indonesia Dalam Analisis Fiqih Siyasah,” untuk skripsinya.

“Tujuan saya menggambil judul ini ialah untuk melihat kepemimpinan perempuan dalam prespektif gender dan fiqih siyasah, di mana seorang perempuan masih di anggap tidak mampu menjadi pemimpin, padahal untuk menjadi pemimpin tidak harus melihat dari status gender. Apabila seseorang sudah memenuhi kriteria maka siapapun itu berhak untuk menjadi pemimpin baik itu dalam organisasi maupun kepemerintahan,” ungkapnya.  

Nova mengaku sangat bahagia dan lega akhirnya dapat menyelesaikan tugas akhir kuliahnya, “Tentunya sangat bahagia akhirnya bisa menyelesaikan studi untuk meraih gelar S. H ( sarjana hukum). Harapan saya semoga kedepannya menjadi lebih baik lagi dalam hal apapun,” ungkapnya.

(Baca juga: calon reporter alumni ini ambil ilmu komunikasi)

Berkat kerja kerasnya, Nova berhasil meraih IPK cumlaude 3,54. Gadis kelahiran Jember, 30 November 1998 ini, juga merupakan salah satu mahasiswa yang  meraih beasiswa Pemkab Jember semasa kuliah. Oleh karenanya ia sangat bersemangat menyelesaikan kuliahnya, dengan waktu yang cukup cepat yakni 4 tahun. Saat ini sedang menyelesaikan revisi dari dosen dan menunggu waktu pelaksanaan wisuda.

Selamat untuk Nova, semoga menjadi sarjana yang amanah dan ilmu yang berkah ya amin. [Red.Dev]

Nama; Novanda Darwis S.J
Tempat, tanggal lahir: Jember 30 November 1998
Alamat: Ledokombo, Jember
Lembaga: SMP Nuris Jember, 2013 dan SMA Nuris Jember, 2017
Kuliah: Jurusan Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah, Universitas Islam Negeri Kh Achmad Siddiq Jember (UIN Khas Jember)

Related Post