Kuliah di UNESA, Santri Nuris Siapkan Diri Jadi Akuntan

Berhasil Kuliah di Universitas Impian, Tinggalkan Kesan Nyantri di Pesantren Nuris Jember

Pesantren Nuris- Kuliah di salah satu kota besar di Indonesia, merupakan impian dari alumni SMA Nuris Jember yang satu ini, dan melalui jalur SNMPTN ia mampu menembuk Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Wah ini nih profil lengkapnya!

Firstian Syifa Maulida, atau yang biasa akrab disapa Syifa ini merupakan alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2021. Setelah lulus dari SMA Nuris Jember, ia lantas melanjutkan pendidikannya ke jenjang S1 di jurusan Pendidikan Akuntansi, FKIP, Universitas Negeri Surabaya.

“Saya memilih jurusan ini karena saya merasa basic dan kemampuan saya ada di akuntansi. Selama ini saya selalu merasa senang saat menyelesaikan soal akuntansi, selain itu bagi saya akuntansi itu menarik untuk dipelajari,”ungkapnya.

Gadis manis kelahiran Jember ,7 Mei 2003 ini  ini aktif di ekstrakurikuler sains bidang olimpiade ekonomi ketika duduk di bangku SMA Nuris Jember. Tak hanya itu, ia juga membantu menjadi pengurus di asrama dalem timur menjadi devisi perpustakaan sebagai bendahara.

(Baca juga: keren parah, cantik, cerdas dan berprestasi duo kembar alumni nuris ini baru saja terbitkan jurnal internasional lho)

Menjadi mahasiswa bagi Syifa merupakan pengalaman baru baginya, ia juga merasakan pahit dan manisnya, “Pastinya saat menjadi mahasiswa ada enaknya dan tidak enak ,enaknya saat kita bisa masuk pada PTN yang diimpikan ,biasanya disitu seseorang akan merasa perjuangan ya telah usai karna bisa masuk PTN padahal ini adalah awal dari perjalanan perkuliahan yang banyak rintangan-rintangan yang harus kita selesaikan,”

Namun ia juga merasakan ketidak nyamanan melaksanakan kuliah online. “Pembelajaran online menurut saya sangat kurang efektif, karena kerap kali mahasiswa sering  tidak memahami materi, juga kendalanya dari jaringan karena setiap daerah itu berbeda jaringannya,” ungkapnya.  

Saat ini Syifa juga tergabung di organisasi Ksei eksys (ekonomi islam), di kampusnya. Baginya mengikuti kegiatan di luar kuliah itu merupakan hal yang dapat menambah pengalaman baginya.

“Harapan saya di masa depan, semoga bisa membuat target dalam hidup dan semaksimal mungkin bisa mewujudkannya, menjadi seseorang yang bisa membuat bangga kedua orang tuanya, menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya , dapat menghadapi masalah masalah kehidupan di dunia,” ujarnya.  

Tak lupa ia juga meninggalkan kesan selama tiga tahun nyantri di Pesantren Nuris Jember. “Selama tiga tahun bersekolah di sini, saya sangat bersyukur walaupun sempat berpikir bersekolah di pesantren itu tidak enak karena jauh orang tua, kesepian dan punya teman baru, hal itu membuat saya ragu pada awalnya karena saya lebih cenderung, cuek, pendiam dan tidak menyukai keramaian,”

(Baca juga: calon guru biologi, alumni ini juga aktif ksr pmi di kampus)

“Seiring berjalannya waktu semua hal itu memiliki daya tarik tersendiri. Tiga tahun ini saya jalani dan pada akhirnya saya tahu dan mengerti bahwa di balik semua pengalaman ini, ada hikmahnya, ada tercipta kesenangan dan perjuangan tersendiri, yang semoga nantinya menjadi batu bata pembangun keberhasilan di masa depan kelak. Pesan saya: Jika kita/kalian tidak betah maka cobalah betahkan diri karena setiap sesuatu yang diinginkam membutuhkan perjuangan yang tak gampang, seperti sekarang ini di pondok kita berjuang demi menggapai cita-cita yang diinginkan,” ujarnya. [Red.Dev]

Nama : Firstian Syifa Maulida
Alamat : Dusun Bregoh RT.01/RW.033, Sumberejo Ambulu Jember  
Tanggal : Jember ,7 Mei 2003
Lembaga: SMA Nuris Jember, 2021
Kuliah: Pendidikan Akuntansi,, FKIP, UNESA

Related Post