Sangat Produktif! Kuliah Nyambi Kerja dan Ngabdi

Pintar Atur Waktu, Alumni Ini Kembali Untuk Mengabdi dan Berkarier

Pesantren Nuris- Siapa sangka putuskan mengabdi setelah lulus, tak lantas membuat para alumni berhenti berkarir, sebaliknya mereka dapat melebarkan karir di Pesantren Nuris Jember sembari mengabdi.

Seperti alumni SMK Nuris Jember, jurusan Teknik Komputer dan Jaringan lulusan tahun 2019 ini. Kiprahnya sebagai pengurus pesantren bagian Waka Kurikulum Diniah, dan Koordinator keamanan, ia juga seorang mahasiswa, sekaligus bekerja sebagai bendahara di SMK Nuris Jember. Wah sibuk sekali ya? Intip yuk profil lengkapnya.

Intan Paradita Hermanto Putri, gadis manis yang akrab dipanggil Dita ini merupakan alumni SMP Nuris Jember, lulusan 2016 dan SMK Nuris Jember 2019. Ia pernah ikut ekskul Bahasa Inggris ketika nyantri di Pesantren Nuris Jember.

(Baca juga: berhati mulia prinsip alumni ini wajib di acungi jempol)

Ia juga sempat menjadi pengurus pesantren ketika masih duduk di bangku SMK. “Saya ketika masih SMK sudah terpilih sebagai pengurus Keamanan, sampai sekarang masih menjadi pengurus keamanan tapi kalau sekarang kan sudah lulus SMK nyambi jadi Kurikulum di Diniyah,” ungkapnya.  

Dita mengaku awalnya tidak ada niatan untuk mengabdi, namun seorang ustadzah mengajaknya untuk kembali dan mengabdi, akhirnya berkat restu orangtua, ia opun memantapkan hati untuk kembali dan mengabdi. “Awalnya saya nggak ada niatan untuk mengabdi, hanya saja ada salah satu ustadah atau pengurus yang mengajak saya untuk kembali ke pondok dan akhirnya saya minta ijin orang tua buat kembali dan diijinkan,” ungkapnya.

“Selain itu, Nuris mengajarkan banyak hal bagi saya, tidak hanya dapat ilmu, pengalaman, dan barokah tapi juga dapat mengamalkan imu yang pernah di dapat dan juga dapat melatih diri untuk lebih mandiri, untuk belajar membagi waktu pribadi dan kewajiban pondok,” lanjutnya.

Selain menjadi pengurus di pesantren, Dita juga memutuskan untuk melanjutkan kuliahnya  sembari bekerja sebagai bendahara di SMK Nuris Jember.

“Saat ini saya kuliah di Universitas Terbuka Jurusan Sistem Informasi, saya mengambil jurusan ini karena linier dengan jurusan saya waktu di SMK Nuris Jember, yakni TKJ dan juga untuk menambah wawasan saya di bidang ini. Selain itu saya memilih di Universitas Terbuka karena kuliahnya bisa online, jadi saya bisa sambil bekerja,” ungkapnya.

Di tengah kesibukannya, tentu Dita merasa kesulitan dalam membagi waktu.

(Baca juga:berharap lulus cepat, alumni ini mahasiswa trp)

“Ya cukup sulit ketika sama-sama ada deadline, tapi saya yakin semua akan selesai ketika kita mengerjakannya dengan baik. Saya harus bisa memilih prioritas, yang mana yang lebih mendesak itu biasanya yang saya kerjakan terlebih dahulu. Untuk kuliah alhamdulillah tidak terlalu memberatkan, karena kuliah saya online jadi tidak perlu keluar masuk pondok. Jadi masih bisa fokus ke pondok. Untuk bekerja pun tidak terlalu memberatkan karena waktu saya bekerja para santri juga masih sekolah. Jadi anggapannya saya juga sekolah seperti mereka. Biasanya saya mengerjakan tugas kuliah itu malam hari, karena menurut saya malam sudah tidak ada kegiatan pondok jadi alhamdulillah waktunya dapat diatur sesuai bagaimana kita mengaturnya sendiri,” ujarnya.

Dita berharap kedepannya bisa medapatkan barokah ilmu, serta barokah dari pengasuh.

“Harapan saya kedepan semoga mendapatkan barokah ilmu dan keberkahan di sini (barokah dari pengasuh), karena menurut saya di sini saya juga bisa mendapatkan pengalaman yang mungkin orang lain tidak mendapatkannya,” ungkapnya. [Red.Dev]

Nama: Intan Paradita Hermanto Putri
Tempat, tanggal lahir: Jember, 22 Mei 2001
Alamat: Dsn Sumberlanas Barat Harjomulyo Silo Jember
Lembaga: SMP Nuris Jember, 2016 dan SMK Nuris Jember, Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan(TKJ) 2019
Kuliah: Universitas Terbuka Jurusan Sistem Informasi
Karier: Bendaharan SMK Nuris Jember, Koordinator Keamanan, dan Waka Kurikulum Diniyah Pesantren Putri Dalbar

Related Post