Bermula dari Mata Lalu Ke Hati

Penulis: Umi Annisa*

Mata merupakan mutiara yang indah dalam tubuh kita. Tanpa adanya mata, kita tidak mungkin dapat menikmati keindahan dunia. “Mata” mungkin sesuatu yang kecil yang melekat dan menghiasi wajah kita dengan sinarnya. Mata bukan hanya untuk melihat bahkan mata pun mempunyai bahasa tersendiri untuk berkomunikasi dengan sekitarnya. Dia mempunyai keunikan dan kekuatan tersendiri dalam tubuh kita.

Namun tahukah Anda? Mata pun layaknya sebuah penangkap sinyal dari lingkungan luar. Dia melihat apapun yang bisa dia lihat bahkan yang tidak terlihatkan. Mata memang mutiara yang indahdalam diri kita, namun mata pun harus kita jaga karena kelincahannnya dalam “melirik”. Mata pun dapat membawa kita ke dalam jurang yang kelam. Mengapa demikian?

(Baca juga: islam, sastra dan seni)

Hal yang kurang kita pahami bahwa mata seakan-akan meneteskan sesuatu pada hati. “Hati” adalah sesuatu yang lunak, tersembunyi dan di bawa oleh masing-masing manusia. Hal yang paling tersembunyi di dunia ini adalah sesuatu yang tertulis di hati. Hati itu seperti alat pengontrol tubuh kita, seperti remote yang dapat mengatur semuanya. Hal tersebut telah tercantum dalam hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari dari Abu Abdullah bin Nu’man bin Basyir r.a. beliau berkata:

“Ingat!” Sesungguhnya di Dalam tubuh manusia itu terdapat sekerat daging. Jika ia baik, maka seluruh tubuh pun menjadi baik. Dan apabila ia rusak, maka seluruh tubuh pun menjadi rusak. Ingat! Bahwa sekerat daging tiu adalah Hati.”

Dan salah satu vitamin atau penggerak hati adalah tetesan pesan yang tersirat di dalam hati. Untuk menjaga anggota tubuh bagian luar, kita harus menjaga mata dan hati kita. Kebanyakan peristiwa keji yang terjadi seperti pelecehan terhadap wanita adalah tetesan pesan dari mata yang mengalir ke hati dan kemudian hati menggerakkan anggota tubuh. Oleh karena itu, kita wajib membersihkan hati dan mata seperti menjaga mata dari pandangan yang dilarang oleh agama Islam.

Penulis merupakan alumni SMA Nuris Jember

Related Post