Gagasan Inovasi Teknologi Santri ini Bikin Takjub, Sukses Raih Juara 2 Tingkat Nasional

Manfaatkan Kemajuan Teknologi untuk Minimalisasi Korban Bencana di Perairan

Pesantren Nuris – Santri kekinian semakin menggema seiring dengan kemajuan teknologi. Yang terkini, santri Pesantren Nuris Jember menggagas inovasi pelampung dengan teknologi GPS yang dapat memberikan informasi melalui pesan singkat atau SMS sehingga meminimalisasi jatuhnya korban hilang.

Gagasan canggih ini dituangkan ke dalam esai berjudul SAR-COMFY (Smart Complete Safety): Inovasi Jaket Pelampung Keselamatan dengan Teknologi GPS dan SMS Gateway berbasis AI untuk Mempermudah Proses SAR oleh Lailun Nuzul Khurun’in.

Melalui karya esai tersebut, pelajar kelas XI MIPA 2 SMA Nuris Jember berhasil meraih juara 2 Esai Bidang Teknologi Inovasi Tingkat Nasional dalam ajang Olimpiade Esai Ilmiah EPIC-ITERA yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika, Institut Teknologi Sumatera pada tanggal 18 Oktober 2022 dan diumumkan pada tanggal 25 Oktober 2022 lalu.

(baca juga: Juara 1 Pidato Bahasa Inggris se-ASEAN, Nuril Fatimah Bikin Bangga SMA Nuris Jember)

“Sebagai negara maritim, tentu permasalahan bencana di perairan tak dapat kita hindarkan. Tak heran selalu terdapat korban hilang atau kesulitan dalam pencairan korban karena posisi korban yang sulit dideteksi. Nah, dari situ saya mulai punya ide bagaimana jika kita membuat inovasi dengan memanfaatkan teknologi GPS.” Tutur Nuzul.

“Saya pikir inovasi jaket pelampung ini tidak hanya dapat digunakan dalam skal kecil, tentu juga yang lebih luas. Cara kerjanya dengan memanfaatkan GPS yang terpasang dalam jaket pelampung dapat memberikan informasi posisi korban melalui pesan singkat yang dikirim ke telepon seluler atau laptop. Hal ini akan membantu pencarian korban sehingga cepat tertolong tidak sampai berakibat fatal.”

Pelajar cerdas SMA Nuris Jember ini berharap gagasan gemilangnya ini dapat digalakkan mengingat korban bencana kapal tenggelam, pesawat jatuh di perairan selalu memakan korban. Meski secara langsung ini tak menyelamatkan, paling tidak dapat mencegah dan mengurangi risiko jatuh korban.

Gus Robith Qoshidi, Kepala SMA Nuris Jember menyatakan, “Selamat dan sukses atas prestasi anak didik kami. Ini prestasi yang luar biasa sebab gagasan mereka sungguh cemerlang cerminan santri kekinian. Semoga dapat membawa manfaat bagi bangsa dan negara.”[AF.Red]     

Related Post