Daun Sirih Bisa Atasi Diabetes? Wah Simak Yuk Caranya!

Penulis: Nuril Jannah*

Daun sirih (Piper betle) adalah daun berwarna hijau tua berbentuk hati yang termasuk dalam famili Piperaceae. Sejak zaman kuno, masyarakat di India telah menggunakan daun sirih dalam ritual keagamaan karena dianggap membawa keberuntungan.

Tahukah sahabat, bahwa daun sirih ternyata memiliki banyak khasiat bagi tubuh lho, daun sirih juga bisa menagatasi masalah pencernaan, seperti sembelit aau maag, tak hanya itu, ternyata bisa juga untuk mengatasi diabates, wah simak manfaat lainnya yuk!

Pertama, mengatasi sakit maag, manfaat air rebusan daun sirih hijau lainnya untuk mengatasi masalah maag. Kandungan fitokimia yang ada pada daun sirih memiliki sifat antioksidan dan anti maag.

Sakit maag dapat menyebabkan kerusakan lapisan perut, penurunan produksi lendir lambung, dan banyak stres oksidatif. Saat Anda mengonsumsi daun sirih, maag Anda sembuh, jumlah lendir lambung yang diproduksi oleh tubuh Anda meningkat dan stres oksidatif turun karena antioksidan. Daun sirih tidak hanya menenangkan sistem pencernaan Anda saat maag sedang disembuhkan, tetapi juga dapat menyelamatkan Anda dari sejumlah masalah terkait perut di masa depan yang berasal dari ulkus yang diabaikan.

Manfaat air rebusan daun sirih hijau lainnya untuk mengatasi masalah maag. Kandungan fitokimia yang ada pada daun sirih memiliki sifat antioksidan dan anti maag. Sakit maag dapat menyebabkan kerusakan lapisan perut, penurunan produksi lendir lambung, dan banyak stres oksidatif. Saat Anda mengonsumsi daun sirih, maag Anda sembuh, jumlah lendir lambung yang diproduksi oleh tubuh Anda meningkat dan stres oksidatif turun karena antioksidan.

(Baca juga: meminum-rendaman-timun-banyak-manfaatnya-benarkah-yuk-simak)

Kedua, mencegah kanker, daun sirih tidak hanya menenangkan sistem pencernaan Anda saat maag sedang disembuhkan, tetapi juga dapat menyelamatkan Anda dari sejumlah masalah terkait perut di masa depan yang berasal dari ulkus yang diabaikan.

Daun sirih memiliki senyawa fenolik di dalamnya yang dapat mengandung berbagai khasiat seperti anti bakteri, anti mutagenik, antioksidan, dan anti proliferatif. Daun sirih hijau juga memiliki kandungan fitokimia yang tinggi, yang dapat membantu melawan kanker mulut dan usus besar. Daun sirih juga membantu melawan stres oksidatif dan menghilangkan radikal bebas. Kedua faktor ini penting dalam mencegah kanker.

(Baca juga: jus-jambu-bisa-bantu-dietmu-loh-simak-caranya-yuk)

Ketiga, meringankan sembelit, manfaat air rebusan daun sirih selanjutnya adalah sumber antioksidan yang membersihkan radikal bebas dari tubuh. Ia juga mengembalikan tingkat PH normal dalam tubuh dan membantu sakit perut. Ayurveda secara luas merekomendasikan makan daun sirih untuk menghilangkan sembelit. Hancurkan daun sirih dan masukkan ke dalam air semalaman. Minumlah air di pagi hari saat perut kosong untuk melancarkan buang air besar.

Keempat, meringankan diabetes melitus, diabetes militus adalah penyakit atau gangguan metabolisme kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Biasanya, kondisi ini menyebabkan penderita mengalami beberapa gangguan organ tubuh. Apabila tidak segera diatasi, penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderita.

Diabetes melitus terjadi karena tingginya kadar gula darah yang disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat dari insufisiensi fungsi lain. Selain itu, glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat memicu terjadinya berbagai gangguan organ tubuh. Mengonsumsi air rebusan daun sirih dapat membantu mencegah hal ini pada diabetes dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap utuh. Bahkan minyak daun sirih juga bisa digunakan oleh penderita diabetes.

Penulis merupakan siswa kelas XI PK 2 MA Unggulan Nuris

Related Post