Dinamika Generasi Komputer

Penulis: A. Tajul Rusli*

Komputer berasal dari bahasa Inggris yaitu computer yang berarti mesin hitung  karena tujuan utama pembuatan komputer yaitu sebagai menghitung atau memecahkan kode-kode yang berupa angka. pada masa perang dunia dua sebagai masin yang digunakan sebagai mesin yang   bertujuan untuk memecahkan kode musuh. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa komputer ialah suatu alat elektronik yang terdiri dari input, proses, dan output.                                                                        

Perkembangan komputer bukan hanya sampai disitu karena sebenarnya komputer yang kita gunakan di zaman sekarang ini sudah mengalami berbagai proses perkembangan mulai dari awal pembuatan komputer hingga sampai sekarang ini karena komputer yang kita gunakan sekarang ini merupakan generasi kelima sejak komputer pertama kali diciptakan.                       

Pada masa generasi pertama komputer, komputer tersebut hanya bisa digunakan untuk melakukan penghitungan saja. Yang penghitungan tersebut digunakan sebagai mengirimkan kode-kode penting dalam perang dunia kedua. Dan ukurannya  pun sangat besar hingga sampai menyamai ukuran ruangan .                                                                                                         

Pada komputer generasi ke dua ukuranya sudah lebih kecil daripada dengan komputer generasi pertama.Karna telah mengalami berbagai perubahan. Di antaranya yaitu perangkat  pemrosesan yang mulanya berupa gulungan kabel-kabel yang sangat banyak diubah dan diganti dengan pasir kuarsa.

(baca juga: Nikah Paksa dalam Perspektif Fikih)                                                                                                        

Pada komputer generasi ketiga hingga sekarang ini sudah tidak jauh berbeda. karna pada ukuran komputer generasi ketiga sudah tidak jauh berbeda dengan komputer generasi sekarang ini. Selain itu, juga ada perbedaanya hanya sedikit, hanya berbeda dari fungsi dan beberapa perangkat nya saja yaitu jika sekarang sudah terdapat mouse. Akan tetapi, pada generasi ketiga belum menggunakan mouse.                                                                                       

Adapun generasi sekarang ini komputer sudah merupakan perangkat telekomunikasi yang sudah di miliki banyak orang dan merupakan perangkat yang mudah digunakan oleh penggunaannya.                                                   

Demikian karangan ini di buat, semoga dengan karangan ini kita dapat memahami dengan saksama bahwasanya perkambangan komputer mengalami berbagai evolusi dan perkembangan yang sangat mengesankan mulai dari perang dunia kedua hingga sekarang ini.[]

*penulis merupakan alumnus SMK Nuris Jember                                                                 

Related Post