Bangun Bisnis di Bidang Wedding Dari Nol, Kini Sudah Jadi MUA Handal

Miliki Usaha Dekorasi, Hantaran dan MUA, Alumni Ini Akui Bangga Jadi Alumni Nuris

Pesantren Nuris- Memulai bisnis bukanlah hal yang mudah, begitupun yang dialami oleh alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2015 ini. Sempat putus kuliah, tak membuat gadis manis ini menyerah, kini ia jadi salah satu pebisnis di bidang wedding, wah simak profil lengkapnya yuk!

Riskiyatul Munawaroh, gadis kelahiran Jember, 01 Desember 1996 ini memulai bisnisnya di bidang wedding dekorasi, pada tahun 2019 yakni di awali dengan mengumpulkan alat-alat untuk dekorasi.

“Awal mula saya membangun usaha yakni modal pertama dari beasiswa yang saya dapat, jadi awal alat dekorasi yang saya buat adalah tiang belakang dan yang membuat adalah pak lek saya yang ada di Bondowoso, kebetulan beliau kerja di tempat pengelasan barulah mengumpulan sedekit demi sedikit bunga dan perlampuan, dan untuk pasar pertama ialah temen dekat dan saudara sendrii, karena memang usaha sendiri mencari jalan dan solusi dari usaha ini, namun saya sangat senang dengan tantangan jadi ya senang saja. Padahal kalo diingat-ingat saya dulu sangat tomboy dan tidak suka berias diri, namun saat saya menemukan skill saya ini dan menghasilkan uang dan bisa membantu orang juga jadi setiap melakukan pekerjaan ini saya sangat senang walaupun capek,” ungkapnya.

(Baca juga: /lolos-jalur-prestasi-akademik-alumni-nuris-ini-kuliah-teknologi-pertanian-di-polije)

Saat ini Riski sudah memiliki tiga bisang usaha yakni wedding dekorasi, hantaran dan make up pengantin (MUA).

“Sejak akhir 2019 merupakan proses pengumpulan alat-alat dekorasi sekitar 1 tahunan karena awalnya mulai dekorasi saja baru make up dan hantaran, baru di tahun 2021 mulai ada JOB pertama. Awalnya diajak kursus make up gratis sama salah satu temen SMA NURIS sebut saja Hanif dan Zuhriya anak IPS, kebetulan di sana ada pilihan tata rias, jadi saya ambil tata rias sedangkan temanku yang 2 itu ambil kursus  jahit. Namun usaha yang saya geluti dulu adalah dekorasi karena setiap hari selalu nonton dekorasi indoor di youtube dan modalnya tidak begitu besar untuk jenis dekorasi indoor (karena kebutuhan pasar waktu itu dekorasi indoor karena masih masa-masa covid). Jadi untuk modal usaha, skill, dan jaringan di bidang wedding bener-bener semuanya dari 0 dan usaha sendiri. Karena untuk keluarga tidak ada satupun yang pernah terjung di bidang wedding ini. Cuma memang saya sangat senang kerja yang dituntut bertemu orang banyak namun kerjanya di balik layer,” tuturnya.

Memulai bisnis dari nol merupakan hal yang tentu saja tidak mudah, namun berkat kegigihan dan keuletannya kini Riski sudah memiliki 2 orang asistern dan seorang supir.

“Untuk awal modalnya hanya sendri, namun saat pemasangan dekorasi di lapangan saya bersama teman saya Hanif IPA beliau sangat-sangat berjasa sekali dihidup saya selain ibu, kakak dan nenek saya yg mendukung rekan saya yg satu ini juga begitu. Hingga setiap ada job ngedekor saya selalu mengajaknya dengan hanya modal motoran saja. Barulah di tahun selanjutnya untuk tata rias saya bersama adek ipar saya dan untuk dekorasi saya sdh ada tim 2 orang dan supir 1.,” ungkapnya.

Riski berharap kedepannya usahanya bisa semakin berkembang dan bisa selalu memberikan servis terbaik untuk para customernya.  “Harapan saya semoga usaha saya ini bisa semakin berkembang dan bisa semakin berkualitas dan bisa memuaskan para customer. Dan juga bisa menjadi motivasi para anak muda bahwa kalo kita ada niat dan usaha semuanya pasti dimudahkan jalannnya,” ujarnya.

Tak hanya itu semasa pernah nyantri di Pesantren Nuris Jember, Riski mengaku sangat bersyukur dan memiliki banyak penalaman baik.

“Alhamdulillah bersyukur banget pernah belajar di PP NURIS selama 3 tahun, kala itu waktu 3 tahun sangat lama sekali, namun setelah kita keluar dan berhadapan dengan tantangan di luar ternyata 3 tahun itu sangat sebentar. Selama di pesantren dan di SMA banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil dan kita aplikasikan di kehidupan luar, dan tentunya dan bekal imu yg saya dapat dari pesantren masalah sebesar apapun yang rasanya tidak akan bisa dilewati alhamdulillah dengan bekal ilmu itu saya bisa lebih bijaksana dan lebih sabar menghadapi nya. Karena ketika kita sudah dekat dengan Sang Pemilik Dunia, dunia rasanya terasa kecil. Begitupun masalah, ketika kita sudah dekat dengan Sang Pemberi Masalah/Cobaan, insyallah masalah/cobaan sebesar apapun rasanya sangat kecil….intinya selama 3 tahun saya di Nuris, 3 tahun itulah karakter, mental dan semangat daya dibentuk, alhamdulillah saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada PP NURIS,” ungkapnya.

Nah bagi para pembaca website pesantrennuris.net khususnya para alumni Pesantren Nuris Jember dimanapun berada, bagi kalian yang membutuhkan jasa dekorasi wedding, lamaran, akad dll atau butuh MUA maupun hantaran untuk acara special kalian jangan ragu lagi langsung saja hubungi no WA 081332759080 yang berlokasi di Belakang Balai Desa Sukowno ( Masuk gang salon Ima), atau juga bisa nih kepo-kepo di akun instagramnya di bawah ini ya. Yuk dukung usaha milik alumni, sukses selalu ya Riski. [Red.Dev]

Nama:  Riskiyatul Munawaroh
Tempat, tanggal lahir: Jember, 01 Desember 1996
Alamat: Desa Sukowono, Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember
Lembaga: SMA Nuris Jember, 2015
Karier: Admin di PUSKESWAN Sukowno dan Usaha Di bidang Wedding (Dekorasi, hantaran dan MUA)
Alamat IG: @riski_mua, Risky_decoration, @riski.hantaran
Alamat youtube: @riskyicyk9029

Akun Instagram Riski MUA
Akun IG Riki Dekorasi
Akun IG Riski Hantaran
Related Post